Nikmatnya Es Kelapa Muda Saat Berbuka Puasa

2224
Pesona Indonesia
Es kelapa muda gula merah. Foto: istimewa
Es kelapa muda gula merah. Foto: istimewa

batampos.co.id – Rasulullah menganjurkan berbuka puasa dengan yang manis. Kurma, dan buah-buahan manis menjadi pilihan banyak masyarakat muslim Indonesia.

Ada satu yang selalu jadi favorit saat buka puasa. Ya, kelapa muda. Dengan menambahkan pemanis alami berupa gula merah, dahaga sepanjang hari akan lenyap seketika saat berbuka.

Segar… Itulah kesan yang kita rasakan begitu meneguk air kepala muda yang diberi gula merah atau gula aren.

Cara membuat es kelapa gula merah pun sangat mudah. Pertama, pilih kelapa yang masih muda. Biasanya dilihat dari bagian tangkainya. Pilih tangkai yang masih terlihat segar dan lentur.

Tangkai yang sudah layu menandakan kelapa tersebut sudah dipetik cukup lama atau bisa jadi agak tua. Lalu, tepuklah pada bagian sabut. Kelapa yang masih segar dan muda akan menghasilkan suara yang berat. Hal itu disebabkan isi air kelapa yang masih banyak. Sedangkan, kelapa yang sudah agak tua akan menghasilkan bunyi yang lebih nyaring.

‎Kedua, siapkan gula merah yang telah dilarutkan dalam air hangat. Agar, es kelapa muda lebih meriah maka bisa ditambahkan dengan bahan pelengkap lainnya. Misalnya‎, rumput laut, cincau hitam, biji selasih, hingga kolang-kaling yang diiris tipis. Sajikan sesuai selera.

Agar tampilan es kelapa muda lebih menggoda, bisa menggunakan es serut. Namun, bisa juga dihidangkan dengan penggunaan ice cube yang lebih praktis. (rka/JPG)

Respon Anda?

komentar