Tiga Astronot ISS Kembali ke Bumi Setelah 186 Hari

975
Pesona Indonesia
Tiga astronot ISS istirahat beberapa saaat setelah mendarat menggunakan kapsul di Khazastan, Sabntu (18/6/2016) pukul 08.15 waktu setempat. Foto: Shamil Zhumatov / Reuters
Tiga astronot ISS istirahat beberapa saaat setelah mendarat menggunakan kapsul di Khazastan, Sabntu (18/6/2016) pukul 09.15 waktu setempat. Foto: Shamil Zhumatov / Reuters

batampos.co.id – Tiga astronot yang tergabung dalam Tim Peake bersama Yury Malenchenko dan Tim Kopra berhasil mendarat dengan selamat, Sabtu (18/6/2016) pukul 09.15 waktu setempat di Kota Zhezkazgan, Kazakhstan.

Astronot tersebut kembali ke bumi menggunakan kapsul Soyuz TMA-19M setelah menjalankan misinya selama 186 hari di International Space Station (ISS) atau stasiun luar angkasa internasional.

”Luar biasa. Perjalanan terbaik yang pernah saya alami. Semuanya serba fantastis. Sejak berangkat sampai pulang lagi,” kata Peake, astronot Inggris pertama yang bertugas di ISS.

Pria 44 tahun yang sebelumnya berprofesi sebagai pilot helikopter itu menyatakan bersyukur bisa menjadi bagian dari tim ISS. Kini, setelah mendarat, dia tidak sabar ingin segera bertemu keluarganya.

Begitu meninggalkan kapsul, trio angkasawan itu langsung dikerubungi tim medis. Peake, Malenchenko, dan Kopra dibopong, kemudian didudukkan di kursi yang sudah disiapkan tim medis.

Selanjutnya, tim medis mengusung kursi-kursi itu ke tempat yang lebih nyaman. Sebagaimana Peake, Malenchenko, dan Kopra pun tidak berhenti menebar senyum serta melambaikan tangan ke kamera para pemburu berita.

”Saya akan merindukan pemandangan bumi dari luar angkasa,” kata Peake.

Desember lalu trio angkasawan tersebut melesat ke luar angkasa dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan.

Bagi Malenchenko, perjalanan angkasa itu bukan yang pertama. Pria Rusia itu total telah menghabiskan 827 hari di orbit. Itu termasuk pernikahannya dengan Ekaterina Dmitrieva di ISS pada 2003.

Sebelum mendarat di Kazakhstan, tiga angkasawan yang telah menuntaskan tugas mereka di ISS itu berpamitan dengan Jeff Williams, Oleg Skripochka, dan Alexey Ovchinin.

Williams, astronot Amerika Serikat (AS), dan dua kosmonot Rusia itu belum bisa meninggalkan ISS sebagaimana Peake serta dua rekannya. Mereka meninggalkan ISS pukul 02.15 waktu Kazakhstan.

Sebagai astronot Inggris pertama yang bertugas di ISS, kepulangan Peake jelas memantik euforia. Kemarin media Negeri Ratu Elizabeth II itu berhias foto Peake yang mendarat di padang rumput Zhezkazgan.

Tiga astronot ISS kembali ke bumi. Foto: AFP
Tiga astronot ISS kembali ke bumi. Foto: AFP

Selama di ISS, dia juga melakukan sedikitnya dua aktivitas yang menuai apresiasi. Yakni, berjalan di luar angkasa pada Januari dan berlari maraton di treadmill  ISS pada April lalu.

Peake, Malenchenko, dan Kopra akan digantikan orang baru. Rencananya, mereka bertolak dari Kosmodrom Baikonur pada 7 Juli mendatang. Mereka adalah Anatoly Ivanishin dari Rusia, Kate Rubins dari AS, dan Takuya Onishi dari Jepang. (AFP/Reuters/hep/c15/any/flo/jpnn)

Respon Anda?

komentar