Banjir dan Longsor di Jawa Tengah Tewaskan 46 Orang, 19 Hilang

579
Pesona Indonesia
Ilustrasi banjir. Foto: jawapos
Ilustrasi banjir. Foto: jawapos

batampos.co.id – Banjir dan longsor yang melanda sejumlah wilayah di Jawa Tengah, sejak Sabtu (18/6/2016) hingga Senin siang (20/6/2016) sudah menewaskan 46 orang. Sebanyak 19 orang dinyatakan hilang dan masih dalam proses pencarian.

“Sampai pagi ini pukul 08.00 WIB, 43 meninggal (saat ini bertambah jadi 46 orang, red) dan 19 hilang,” ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho di Jakarta, Senin (20/6/2016).

Tak hanya itu, Sutopo juga menyebutkan ada 14 orang mengalami luka-luka dan ratusan rumah rusak di Purworejo, Kebumen, dan Banjarnegara.

Kabupaten Purworejo merupakan wilayah terparah akibat bencana alam itu. “14 orang luka-luka dan ratusan rumah rusak berat,” kata Sutopo.

Sementara untuk wilayah yang terdampak longsor di Kabupaten Purworejo ialah desa Karangrejo, Kecamatan Loano. Kemudian desa Donorati Kecamatan Purworejo, Desa Jelog Kecamatan Kaligesing, Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo, dan Desa Pacekelan, Kecamatan Purworejo.

Sedangkan wilayah yang masih terendam banjir di Desa Tangkisan Kecamatan Bayan, Desa Berjan Kecamatan Hebang, Desa Bagelen Kecamatan Bagelen, dan Kelurahan Meranti Kecamatan Purworejo.

“Purworejo 19 orang hilang. Terdampak empat kecamatan 9 desa. 27 orang tewas,” tutupnya.

Diketahui, bencana banjir dan longsor melanda 16 kabupaten/kota di Jawa Tengah (Jateng). Yaitu, Purworejo, Banjarnegara, Kendal, Sragen, Purbalingga, Banyumas, Sukoharjo, Kebumen, Wonosobo, Pemalang, Klaten, Magelang, Wonogiri, Cilacap, Karanganyar, dan Kota Solo.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, banjir dan longsor ini dipicu oleh hujan lebat yang turun sejak Sabtu (18/6/2016) siang hingga malam hari.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Purworejo, Budhi Hardjono, membenarkan korban meninggal dalam bencana banjir bandang dan tanah longsor di Purworejo sudah mencapai 46 orang. (elf/JPG)

Respon Anda?

komentar