Kini Harga Daging Sapi Naik Rp 10 Ribu, Jelang Lebaran Diperkirakan Naik Lagi

558
Pesona Indonesia
Harga jual daging sapi saat ini mencapai Rp 130 ribu per kilogram. Foto: jpnn
Harga jual daging sapi saat ini mencapai Rp 130 ribu per kilogram. Foto: jpnn

batampos.co.id – Setiap Ramadan kenaikan harga daging sapi selalu tak terelakkan. Tahun ini, terhitung sejak sebelum Ramadan, harga daging sapi di pasar Mitra Raya mengalami kenaikan hingga Rp 10 ribu perkilonya.

“Kalau hari-hari besar memang naik. Sekarang saja, sebelum puasa (Ramadan, red) harganya ada Rp 120 perkilo, sekarang Rp 130 ribu perkilo, paling lebaran naik Rp 10 ribu (lagi),” kata seorang pedagang, Idris, kemarin.

baca juga : Asmin Patros Himbau Pedagang Daging Agar Tidak Mengambil Margin Tinggi

Kenaikan harga, kata Idris, sudah terjadi di peternakan. Menurutnya pedagang sendiri tak menginginkan kenaikan itu terjadi karena akan menganggu daya beli masyarakat. “Kita malah mau turun,” ujarnya.

Dalam menjual daging sapi, Idris mematok harga berdasarkan tingkatan kualitas daging. “Ada tiga kualitasnya, beda-beda. ada yang Rp 120 juga,” terangnya.

Dia mengatakan di pemotongan atau peternak, pihaknya mendapat harga Rp 97 ribu perkilo termasuk tulang belulang, tak sepenuhnya daging. “kalau dipisahin dagingnya, kan tulangnya tak terjual harga daging,”ungkapnya terkait salah satu alasan kenapa pihaknya menaikkan harga.

Kenaikan juga terjadi pada daging ayam. Jika sebelum lebaran pada kisaran Rp 28 ribu perkilo, kini tembus Rp 32 ribu.

Dia mengungkapkan salah satu alasan kenapa harga daging ayam naik pada har-hari besar, karena peternak terkesan menahan jumlah ayam yang akan diberikan ke pedagang, hal lain juga dipengaruhi oleh jumlah panen oleh peternak. “Misalkan kita biasa order 100 ekor, kadang dikasih 60 ekor. tergantung panen juga sih,” katanya.

Sementara itu Anggota Komisi II DPRD Kepri, Asmin Patros bersama romobongan yang langsung mengecek harga selama Ramadan di pasar tersebut mengatakan sementara ini kenaikan harga masih pada batas normal.

“Ada kenaikan tapi tak banyak, sapi (lokal) misalnya selisih Rp 10 ribu. Sementara daging impor (beku), harganya sekitar Rp 80 ribu sampai Rp 85 ribu perkilo,” pungkasnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar