Inggris Tuding Pemerintah Rusia Biang Kerusuhan Suporter di Euro 2016

788
Pesona Indonesia
Kerusuhan terjadi antar fans Inggris vs Rusia. Foto: indenpendent
Kerusuhan terjadi antar fans Inggris vs Rusia. Foto: indenpendent

batampos.co.id – Inggris menlancarkan tudingan serius kepada pemerinah Rusia terkait aksi brutal hooligans Rusia selama Euro 2016 di Prancis. Inggris menyebut pemerintah Rusia ada dibalik rusuhnya hooligans Rusia.

“Ini dilihat dari beberapa dari mereka merupakan anggota berseragam di Rusia. Ini seperti ada sesuatu yang terselubung. Namun, memang masih sulit dibuktikan,” kata seorang sumber dikutip Guardian.

Ya, hooligans Rusia memang paling disorot selama Euro 2016. Mereka terlibat beberapa kericuhan dengan kelompok suporter timnas lain.

UEFA bahkan sempat mengeluarkan pernyataan akan memberi sanksi tegas kepada timnas Rusia usai menyerang suporter Inggris di Marseille beberapa waktu lalu.

Beberapa waktu lalu, Presiden Rusia, Vladimir Putin memang sempat mengacungi jempol kepada aksi hooligan di negaranya. Dia merasa heran ribuan suporter Inggris bisa berlarian menghadapi beberapa fans Rusia saja.

Hal senada juga dituturkan oleh tokoh politik Rusia, Igor Lebedev. Dia bahkan terang-terangan menyatakan dukungan terhadap hooliganisme.

“Saya tak melihat ada hal yang salah dengan pertarungan antarsuporter. Justru sebaliknya: kerja baik semuanya, pertahankan!” kata Lebedev. (ies/JPG)

Respon Anda?

komentar