Peluang Albania Lolos Tipis, Tapi Sudah Torehkan Sejarah

596
Pesona Indonesia
Pemain Albania merayakan kemenangan perdana mereka di pentas Piala Eropa setelah mengalahkan Rumania dengan skor 1-0 di laga pamungkas Grup A Euro 2016, Senin (20/6/2016) dini hari WIB. Foto:UEFA.com
Pemain Albania merayakan kemenangan perdana mereka di pentas Piala Eropa setelah mengalahkan Rumania dengan skor 1-0 di laga pamungkas Grup A Euro 2016, Senin (20/6/2016) dini hari WIB. Foto:UEFA.com

batampos.co.id – Tampil perdana di EURO 2016, Albania sukses membukukan kemenangan perdana kala menghadapi Rumania dengan skor 1-0 di Stade de Lyon, Senin (20/6/2016) dini hari WIB.

Rumania pun harus angkat koper lebih awal. Sementara Albania masih berpeluang lolos ke babak 16 besar lewat jatah peringkat tiga terbaik.

Ya, Albania saat ini duduk di peringkat ketiga Grup A Euro 2016 dengan 3 poin. Di atasnya ada Swiss dan Prancis yang sudah memastikan tiket ke babak 16 besar.

Baca Juga: Rumania Angkat Koper, Albania Tunggu Hasil Grup Lain

Terlepas apakah nanti lolos ke babak 16 karena menjadi peringkat ketiga terbaik atau tidak, Albania sudah menorehkan sejarah tersendiri. Kemenangan tim besutan Gianni De Biasi atas Rumania merupakan kemenangan perdana dalam pertemuan di ajang kompetitif di pentas Piala Eropa!

Hasil itu memang buah kerja keras mereka. Saat laga bar sembilan menit babak pertama berjalan, Romania sudah memberikan ancaman ke gawang Albania melalui aksi dari Denis Alibec.

Akan tetapi upaya penyerang berusia 25 tahun itu masih mampu digagalkan oleh barisan belakang kubu Albania.

Sebelas menit kemudian, giliran Albania yang mendapatkan peluang emasnya. Mendapatkan sodoran matang dari Elseid Hysaj, Armando Sadiku menyambut bola dengan sebuah tandukan yang masih bisa digagalkan oleh kiper Romania, Ciprian Tatarusanu.

Memasuki menit ke-28, Romania kembali mendapatkan peluang untuk unggul lebih dahulu dari Albania.

Berawal dari serangan balik yang cepat, Nicolae Stanciu sukses menerima umpan Sapunaru dengan baik. Namun, bola sepakan spekulasinya masih melenceng di sisi kiri gawang Albania.

Romania lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang 15 menit sebelum jeda. Kali ini giliran Chiriche? melalui tandukannya usai memanfaatkan sepak pojok Stancu yang masih mampu dihalau oleh kiper Etrit Berisha.

Pada akhirnya, Albania yang lebih dulu memecah kebuntuan. Bola umpan matang dari Memushaj, disambut Sadiku dengan sundulan yang gagal diamankan oleh Tatarusanu.

Kedudukan 0-1 untuk keunggulan Albania atas Rumania pun jadi penghias papan skor babak pertama.

Memasuki babak kedua, Romania semakin mendominasi permainan. Ketinggalan 0-1 memaksa skuat asuhan Angel Iordanescu ini meningkatkan tempi serangan.

Upaya perubahan taktik juga sudah dilakukan dengan memasukkan tiga pemain pada paruh kedua, termasuk Gabriel Torje yang menggantikan Alibec pada menit ke-57.

Namun, segala upaya mereka masih gagal menjebol gawang tim asuhan De Biasi. Hasilnya, hingga pertandingan berakhir, Albania sukses mengamankan kemenangan 1-0.

Hasil ini sekaligus menjaga asa mereka lolos ke babak 16-besar sebagai peringkat tiga terbaik. Namun, perhitungannya masih menanti hasil akhir dari grup lain. (ira/JPG)

Susunan Pemain:

Rumania (4-2-3-1): Tatarusanu; Sapunaru, Grigore, Chiriche?, Matel; Prepeli?? (Sanmartean 46′), Hoban; Adrian Popa (Andone 68′)I, Stanciu, Stancu; Alibec (Torje 57′).

Albania (4-1-4-1): Berisha; Hysaj, Lenjani (Roshi 77′), Mavraj, Agolli; Basha (Cana 83′); Lila, Abrashi, Arlind Ajeti, Memushaj; Sadiku (Balaj 59′).

 

Respon Anda?

komentar