Rosberg Juara, Rio Finish 18 di GP Azerbaijan

662
Klasemen GP Baku, Azerbayzan. Foto: EuropaGO
Klasemen GP Baku, Azerbaijan. Foto: EuropeGO

batampos.co.id – Balapan jet darat Formuila 1 kali  pertama di gelar di sirkuit Baku, Azerbaijan, Minggu (19/6/2016). Raider Mercedes, Nico Rosberg, menjadi yang tercepat dan finish pertama. Sementara pebalap Indonesia Rio Haryanto dari Manor Racing Team sukses menyentuh garis finis lagi, meski di urutan ke-18.

Ya, meski para pebalap baru kali pertama menggeber jet darat mereka di sirukuit ini, namun mereka tampak begitu antusias.  Sirkuit Baku mulai musim ini memang ditunjuk sebagai tuan rumah GP Eropa.

Sirkuit Baku yang terletak di ibu kota Azerbaijan ini merupakan trek jalan raya tercepat di ajang F1.

Pembalap bisa melesat hingga 354 km/jam, namun mobil harus berjalan sangat lambat saat memasuki beberapa tikungan sempit laiknya di Sirkuit Monte Carlo, Monaco.

Sirkuit Baku merupakan sirkuit baru digunakan pada ajang Formula 1 musim ini, memiliki 20 tikungan dengan panjang 6.003 km.

Nah, Rosberg yang memulai start dari urutan terdepan langsung melesat sejak awal. Dia mampu meninggalkan Daniel Ricciardo yang berada di posisi kedua.

Rosberg menyelesaikan 51 lap dengan catatan waktu 1 jam 32 menit 52.366 detik.

Kesulitan justru dialami rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton. Start dari posisi ketujuh, pembalap asal Inggris itu hanya mentok finis di posisi kelima.

Dari tim Manor, Pascal Wehrlein gagal menyelesaikan balapan pada lap 41. Dia tampak masuk ke salah satu sudut tikungan hingga harus menyudahi balapan lebih awal.

Dalam perbincangan radio, dia mengeluhkan masalah dengan rem mobilnya. Keluarnya Wehrlein membuat rekan setimnya, Rio, menempati posisi 19 saat lap 41. Dia menjadi pebalap terakhir di lintasan.

Menyusul masalah yang juga dialami Fernando Alonso pada lap 43, Rio lantas naik satu tingkat lagi ke posisi 18.

Rosberg akhirnya tak menemui kesulitan untuk menyentuh garis finis pertama pada balapan yang menempuh 51 lap ini. Dia menjadi kampiun pertama di Sirkuit Baku, sekaligus meraih gelar juara seri yang kelima pada musim ini.

Rosberg berada di depan pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang finis di tempat kedua, dan pembalap Force India, Sergio Perez, di posisi ketiga.

Rio, meski sempat mengalami masalah dengan mobilnya pada awal balapan, tetap sukses merampungkan 51 lap dengan menempati peringkat ke-18.

Pembalap andalan Indonesia tersebut menyentuh garis finis untuk keenam kalinya pada musim ini setelah GP Bahrain, GP Tiongkok, GP Spanyol, GP Monaco, dan GP Kanada. (ira/JPG)

Respon Anda?

komentar