Selangkah Lagi Kota Roma Dipimpin Wanita Cantik

749
Pesona Indonesia
Virginia Raggi, selangkah lagi akan memimpin Roma, Italia. Foto: reuters
Virginia Raggi, selangkah lagi akan memimpin Roma, Italia. Foto: reuters

batampos.co.id – Sejarah kepemimpinan di Roma, Italia berubah. Jika berbad-abad sebelumnya Roma dipimpin oleh raja, paus, maupun diktator yang semuanya berjenis kelamin laki-laki, kali ini Roma bakal dipimpin seorang wanita cantik bernama Virginia Raggi, 37.

Perempuan satu anak itu memang tinggal selangkah lagi terpilih Wali Kota Roma. Minggu (19/6/2016) kemarin pemilihan wali kota putaran kedua dimulai. Lebih dari 9 juta penduduk Roma berbondong-bondong menuju bilik suara untuk memberikan hak pilih. Hampir semua polling menunjukkan bahwa Raggi bakal terpilih sebagai wali kota.

Nama Raggi yang semula hanya seorang pengacara dan anggota Dewan Kota Roma tiba-tiba melejit dalam beberapa bulan saja saat kampanye sebagai calon wali kota.

’’Ini hari yang spesial bagi kami. Kami akhirnya memiliki orang baru yang bisa mengubah keadaan,’’ ujar Aldo.

Pensiunan yang sudah berusia 72 tahun itu mengungkapkan bahwa dirinya memberikan suara untuk Raggi dari Partai Five Star Movement (M5S). Menurut Aldo, partai-partai lain sudah membuktikan diri bahwa mereka gagal membuat perubahan. Karena itulah, harapan terakhirnya diberikan kepada M5S dan Raggi.

Lawan Raggi dari Partai Demokrat (PD), Roberto Giachetti, justru tak terlalu populer. Dalam putaran pertama 5 Juni lalu, Raggi berhasil meraih 35 persen suara, sedangkan Giachetti hanya 24 persen.

PD adalah partai yang digawangi Perdana Menteri (PM) Italia Mateo Renzi. Jika nanti akhirnya Giachetti kalah, itu bakal menjadi pukulan telak bagi PD maupun Renzi. Sebab, M5S adalah partai kecil yang baru berdiri pada 2009.

Kandidat yang diusung PD di Milan, Turin, serta Bologna juga sangat berpeluang kalah. Padahal, PD harus meraup banyak kemenangan di kota-kota besar agar bisa sukses pada pemilu 2018 mendatang.

Di sisi lain, proyeksi kemenangan Raggi di Roma akan membawa dampak yang luar biasa baik bagi M5S di pemilu mendatang.

’’Penduduk Roma siap untuk membuka halaman baru dan saya siap untuk memerintah kota ini serta memperbaiki Kota Roma menjadi megah dan indah seperti selayaknya,’’ tegas Raggi menjelang pemungutan suara kemarin.

Namun, jika terpilih, Raggi memiliki tantangan yang luar biasa besar. Roma memiliki utang lebih dari 13 miliar euro (Rp 195,5 triliun). Jumlah itu dua kali lipat dari anggaran tahunan Roma.

Ignazio Marino mengundurkan diri dari jabatannya sebagai wali kota Roma sejak Oktober tahun lalu. Penyebabnya, politikus asal PD tersebut terlibat skandal keuangan. Sejak saat itu, Roma tidak memiliki wali kota.

Utang dan skandal yang melibatkan Marino hanya sebagian dari pekerjaan rumah Raggi. Puluhan pebisnis, pejabat, dan politikus di kota tersebut kini diadili karena terlibat jaringan kriminalitas yang merugikan Roma hingga ratusan juta euro.

Mereka menggerogoti anggaran untuk pengaspalan kota, anggaran sekolah untuk anak-anak penduduk etnis Roma, dan sebagainya.

Jaksa menyebutnya skandal Mafia Capitale. Raggi yang berjanji membersihkan Roma dari berbagai skandal korupsi harus mengatasi semua itu. (AFP/Reuters/BBC/sha/c19/kim)

Respon Anda?

komentar