Tips Berolahraga di Malam Hari Saat Bulan Ramadan

1336
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Di bulan Ramadan, kita tak bisa leluasa berolahraga pada siang hari seperti halnya di bulan-bulan lainnya. Namun, olahraga malam bisa menjadi alternatif untuk membakar kalori.

Instruktur senam, Binti Choidaroh, mengatakan memang banyak yang malas olahraga saat puasa, apalagi di pagi hari.

”Biasanya, hanya joging kecil-kecilan,” ujarnya, Minggu (19/6).

Menurut Binti, puasa bukanlah penghalang untuk olahraga. Sebagian orang sangat membutuhkan olahraga setiap hari.

Mereka biasanya memilih malam selama Ramadan. Setelah salat Tarawih paling pas. Alasannya, tubuh sudah mendapat asupan energi saat berbuka.

Olahraga paling ideal dimulai satu sampai dua jam setelah makan. Binti menyarankan menu khusus buka puasa bagi orang yang gemar olahraga malam.

Di antaranya, buah-buahan dan air putih. Sayur juga menu wajib. Menurut dia, yang gemar olahraga malam memiliki kebiasaan diet khusus.Mereka cenderung membatasi porsi nasi waktu berbuka. Sebagai gantinya, buah dan sayur diperbanyak.

Olahraga malam bisa senam aerobik atau body language. Aktivitas itu bisa membakar kalori dengan optimal.

”Bisa juga olahraga lain. Jadi, enggak harus aerobik. Yang penting berkeringat,” ujarnya.

Setelah berolahraga, sebaiknya dikonsumsi makanan yang bisa mengembalikan energi tubuh. Misalnya, buah-buahan.

”Bisa juga jus buah. Efeknya, tubuh akan lebih segar. Selain buah, sebaiknya diperbanyak konsumsi air putih sebelum tidur,” pungkasnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar