Daya Tampung Seluruh SD di Batam 25 Ribu Siswa. Disdik: ‘Tidak Ada Masalah’

879
Pesona Indonesia
Orang tua murid dan calon siswa SMKN 3 Batam mengantri mendaftar di SMKN 3 Batam di Seibeduk, Senin (20/6). Hari ini, hari pertama bagi sekolah reguler selama tiga hari. F.  Dalil Harahap/Batam Pos
Penerimaan Siswa Baru. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Pendidikan Kota Batam telah membuka pendaftaran peserta didik baru (PPDB) di sekolah reguler. Pendaftaran akan berlangsung dari tanggal 20-22 Juni 2016.

Kepala Bidang Program Dinas Pendidikan Kota Batam, Maryulis mengatakan tahun ajaran 2015/2016 ini tidak ada masalah dengan daya tampung siswa. “Khususnya SD,” kata dia.

Tahun ini, lanjutnya daya tampung seluruh SD negeri dan swasta mencapai 25 ribu lebih yang tersebar di 12 kecamatan seluruh Batam. “Sedangkan yang lulus TK dan setingkat hanya 20 ribu lebih,” ujarnya.

Penerimaan yang dilakukan melalui sistem nanti akan menjaring anak yang memenuhi persyaratan. Seperti kalau SDN harus berusia tujuh tahun per Juli ini, ada juga domisili serta siswa miskin.

“Yang tidak memenuhi akan tertolak dengan sistem ini,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 005 Sekupang, Sri Ningsih mengatakan seluruh calon siswa yang berusia enam tahun per Juli nanti sudah bisa mendaftar. ” Nanti sistem yang akan menyeleksi, memang usia wajib belajar tujuh tahun,” kata dia.

Diakuinya untuk tahun ini jumlah siswa yang diterima mengalami penurunan bila dibanding tahun lalu.

“Tahun ini kita terima tiga kelas atau 120 siswa saja, tahun lalu siswa yang kita terima mencapai 300 lebih,” jelasnya.

Sesuai dengan arahan dari Disdik Batam, sekolah hanya menerima berdasarkan kuota yang telah ditentukan.

“Sekolah mengajukan berdasarkan data tampung,” sebut perempuan yang menjabat sejak 2013 ini.

Pengumuman hasil seleksi akan diumumk, Jumat (25/6), bagi siswa yang lulus bisa melakukan pendaftaran ulang selama tiga hari 27-29 Juni 2016.(cr17)

Respon Anda?

komentar