Negara Boleh Kecil, Mental Bertanding Wales Laksana Sebuah Benua

617
Pesona Indonesia
Pemain, pelatih, dan fans Wales merayakan kemenangan mereka usai menundukkan Rusia dengan skor 3-0 pada laga pamungkas Grup B di Stadium de Toulouse, Selasa (21/6/2016) dini hari. Foto: UEFA.com
Pemain, pelatih, dan fans Wales merayakan kemenangan mereka usai menundukkan Rusia dengan skor 3-0 pada laga pamungkas Grup B di Stadium de Toulouse, Selasa (21/6/2016) dini hari. Foto: UEFA.com

batampos.co.id – Dua kali menang dan hanya sekali kalah tipis, benar-benar membuat Wales bahagia. Bahkan, bisa mengalahkan Rusia di partai pamungkas Grup B Euro 2016 menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemain Wales maupun fans dan warga Wales.

Ya, prestasi itu tak terlepas dari mental bertanding pemain Wales. Meski mereka terlahir dari negara kecil, namun mental bertanding mereka mengalahkan luas wilayah mereka. Bahkan, mengalahkan sebuah benua.

Pelatih tim nasional Wales, Chris Coleman, berani sesumbar, terlepas dari luas wilayah yang terbilang negara yang kecil, Wales justru memiliki semangat besar laiknya sebuah benua.

“Saya harus mengatakan betapa bangganya saya dengan para pemain. Mereka berani dalam dalam menguasai bola, menciptakan banyak kesempatan, dan bangkit setelah kekalahan telak dari Inggris,” bilang Coleman seusai laga dilansir laman UEFA.

Coleman memang patut senang karena kemenangan 3-0 atas Rusia pada laga pamungkas Grup B di Stadium de Toulouse, Selasa (21/6/2016) dini hari, juga menunjukkan kelasnya sebagai peracik tim.

“Kami menikmati malam ini. Sebagai negara yang secara luas geografis kami terbilang kecil, tapi jika ┬ámenilai dari gairah dan semangat, Anda bisa mengatakan kami ibarat sebuah benua,” sambungnya.

Coleman juga yakin skuat Wales saat ini punya kesempatan besar untuk meraih prestasi apik di pentas Eropa bahkan dunia. Masa depan tim pun dipercaya sangat cerah dengan amunisi yang terbilang masih muda.

“Dalam penguasaan bola, kami melakukan segalanya malam ini. Saya berusaha membangkitkan semangat para pemain. Saya katakan sebelumnya bahwa ada sesuatu yang lebih bisa dihadirkan dari tim ini,” bilang Coleman lagi.

“Bahkan setelah turnamen ini selesai, tim berada di jalan yang benar untuk meraih sesuatu lainnya. Saya senang karena saya dan staf berada di sini bersama mereka. Kami tidak takut. Dan setelah penampilan seperti tadi, mengapa kami harus takut?” tukas Coleman. (ira/JPG)

Respon Anda?

komentar