Pria Ini Nganggur 2 Bulan, 18 Kali Mencuri Motor

762
Pesona Indonesia
Anggota Polsek Batam Kota menggiring pelaku pencurian kendaraan bermotor, Senin (20/6). Dari tangan tersangka polisi mengamankan sejumlah sepeda motor sebagai barang bukti. F Cecep Mulyana/Batam Pos
Anggota Polsek Batam Kota menggiring pelaku pencurian kendaraan bermotor, Senin (20/6). Dari tangan tersangka polisi mengamankan sejumlah sepeda motor sebagai barang bukti. F Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Jajaran Polsek Batamkota mengamankan Lorean, spesialis pencuri kendaraan bermotor (curanmor), Minggu (19/6). Pria 29 tahun ini diketahui telah beraksi sebanyak 18 kali di wilayah Batuaji dan Batamkota.

Selain Lorean, polisi mengamankan Naskur, penadah barang curian. Ditambah 3 unit sepeda motor jenis Honda Tiger, Yamaha Vixion, Yamaha Mio serta kunci T.

Dari pengakuan Lorean, ia nekat mencuri karena himpitan ekonomi. Hasil barang curian tersebut dijual dengan harga Rp 1,8-2 juta.

“Saya baru dua bulan mencuri. Selama ini tidak memiliki pekerjaan,” ujar Lorean di Mapolsek Batamkota.

Dia menjelaskan dalam aksinya, ia mengitari beberapa perumahan dan kos-kosan dengan berjalan kaki. Kemudian ia menggunakan kunci T untuk membobol kunci motor yang diincar.

“Terkadang stang motornya saya patahkan. Kemudian motornya saya dorong,” terang warga Batuaji ini.

Sementara itu, Kapolsek Batamkota, Kompol Arwin mengatakan penangkapan pelaku berdasarkan informasi masyarakat dan penyelidikan. Pelaku saat itu tengah bertransaksi di kawasan Simpang Kara, Batamcentre.

“Pelaku kita tangkap saat bertransaksi. Kita amankan beserta barang bukti sepeda motor,” ujar Arwin.

Dia menambahkan pihaknya masih melakukan pencarian terhadap motor curian yang sudah dijual. “Hanya tiga motor yang disimpan di kos-kosan. Lebihnya sudah dijual pelaku,” tuturnya.

Arwin juga menghimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan saat memarkirkan kendaraan. Dengan menggunakan kunci ganda.

“Saya himbau juga yang memiliki kendaraan berhati-hati. Karena menjelang lebaran, aksi curanmor meningkat,” paparnya.

Atas perbuatannya, Lorean dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman 7 tahun penjara. Sedangkan Naskur dijerat pasal 480 KUHP dengan ancaman 2 tahun penjara. (opi)

Respon Anda?

komentar