Punya Potensi Besar, Gubernur Optimis Lingga akan Maju

1167
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri Nurdin Basirun ditemani Bupati Lingga Alias Wello saat meninjau beberapa tempat di Lingga. foto: humas pemprov
Gubernur Kepri Nurdin Basirun ditemani Bupati Lingga Alias Wello saat meninjau beberapa tempat di Lingga. foto: humas pemprov

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun yakin kedepan Kabupaten Lingga akan maju dan mampu sejajar dengan Kabupaten Bintan, Kota Batam dan Karimun. Potensi besar dimiliki Lingga tersebut disampaikan Nurdin saat kunjungan Safari Ramadan di Daik Lingga, Minggu (19/6).

Selama mendampingi Almarhum Ayah Sani, Nurdin mengatakan, Ayah Sani selalu berpesan agar Natuna, Anambas dan Lingga (NAL) mendapat perhatian khusus.

“Pesan Ayah Sani kepada saya selalu tentang Natuna, Anambas dan Lingga (NAL), terutama soal konektivitas. Dia punya perhatian khusus terhadap tiga daerah ini dan menjadi cita-cita besar almarhum Ayah Sani semasa hidupnya,” ungkap Nurdin di Masjid Jami’ Sultan di Daik.

Memang kendala di lapangan wilayah Kepri yang notabenenya pesisir, terkendala soal koneksi. Menjalin konektivitas antar pulau, baik ekonomi, orang maupun barang masih jauh dari harapan Almarhum Ayah Sani seperti di Kabupaten Lingga. Sebaran 604 pulau besar dan kecil di Lingga dengan 96 persen wilayah lautan belum terhubung dengan baik.

Dalam kesempatan kunjungannya ke Lingga, Nurdin juga sempatkan melihat rencana pembangunan jembatan Senayang-Sebangka (SS). Lokasi yang strategis menghubungkan pulau Senayang dengan pulau besarnya Sebangka akan menunjang pertumbuhan ekonomi masyarakat kepulauan yang lebih besar.

Bukan hanya warga pesisir Kecamatan Senayang, Nurdin juga melihat dengan dibukanya akses dan konektivitas yang lebih baik di pulau Sebangka tersebut akan mendorong investor datang ke Lingga. Sebab, jarak Senayang dengan Batam cukup dekat, yakni hanya 1 jam perjalanan laut.

“Jarak ke Batam selalu jadi perhatian investor. Saya yakin banyak investasi masuk ke Senayang karena lebih dekat dengan Batam. Untuk itu, pemerintah harus menyipakna infrastruktur penunjangnya,” papar Nurdin.

Ia semakin optimis, jika penyiapan infrastruktur oleh pemerintah lebih baik, investasi akan semakin terbuka lebar di Kecamatan Senayang.

Sementara itu, Bupati Lingga Alias Wello yang juga ikut mendampingi Gubernur di Daik mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lingga sangat berterimakasih atas perhatian dari provinsi kepada Kabupaten Lingga. Terutama menyangkut program pembangunan yang banyak mengarah ke Lingga selama 5 tahun mendatang.

“Gubernur mengatakan akan menjadikan Lingga sebagai prioritas pembangunan untuk 5 tahun kedepan, apabila Lingga mampu konsisten menunjukkan semangat pembangunan seperti yang terlihat pada 100 hari pertama,” tutup Awe. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar