Sudah Dua Tahun Anggaran Beasiswa Anambas Tak Cair

954
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Dinas Pendidikan kabupaten Kepulauan Anambas sudah berupaya untuk memberikan bantuan dana pendidikan atau beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi. Namun hingga kini belum dapat terealisasi lantaran keuangan daerah tidak memungkinkan.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Tinggi (Dikmenti) Kabupaten Kepulauan Anambas Hany Muzwati, mengatakan beasiswa ini tahun lalu juga tidak dapat dicairkan. Sementara tahun ini belum ada kepastian. Ia juga belum bisa memastikan apakah pada APBD-Perubahan nanti bisa dicairkan atau belum. “Saya belum bisa memastikan,” ungkapnya kepada wartawan Senin (20/6) siang.

Diketahui sebelumnya, anggaran beasiswa tidak pernah menjadi persoalan bagi daerah. Tapi kini pemerintah daerah tidak bisa memberi bantuan kepada seluruh siswa yang membutuhkan, tanpa terkecuali.

Menurutnya, bukan tidak peduli dengan kondisi yang dialami para mahasiswa yang mengharapkan bantuan itu, tapi dengan segala upaya telah dilakukan. Anggaran beasiswa dianggarkan mulai dari Diploma III hingga Strata 2, bagi siswa yang berprestasi. Saat ini beasiswa yang diajukan ada sekitar 213 siswa, tapi data tersebut belum masuk secara keseluruhan.

Tambahnya, bagi mahasiswa yang telah mendapatkan bantuan dari kampusnya secara otomatis tidak akan dapat bantuan dari daerah. Pemerintah daerah hanya membantu mahasiswa yang belum dapat bantuan. Pihaknya memberi bantuan pendidikan mengacu pada nilai yang dihasilkan oleh setiap siswa, tanpa terkecuali.

Jika siswa itu kurang dari nilai yang ditetapkan, ia pastikan tidak akan mendapatkan bantuan pendidikan apapun dari daerah. “Untuk program eksakta minimal IPK harus 2.75. Sementara itu non eksakta minimal IPK 30. “Jika dibawa dari itu maka tidak akan mendapatkan beasiswa,” jelasnya.

Lanjutnya, ia sangat berharap bantuan pendidikan dapat diberikan setelah pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBDP) bulan Agustus nanti. “Kalau tidak dapat keseluruhannya, sebagian dari anggaran yang diajukan dibantu,” jelasnya. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar