Tes Buta Warna Termasuk Seleksi PPDB di Sekolah Reguler

997
Pesona Indonesia
Orang tua murid dan calon siswa SMKN 3 Batam mengantri mendaftar di SMKN 3 Batam di Seibeduk, Senin (20/6). Hari ini, hari pertama bagi sekolah reguler selama tiga hari. F.  Dalil Harahap/Batam Pos
Orang tua murid dan calon siswa SMKN 3 Batam mengantri mendaftar di SMKN 3 Batam di Seibeduk, Senin (20/6). Hari ini, hari pertama bagi sekolah reguler selama tiga hari. F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Setelah melakukan penyeleksian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di lima sekoloh unggul di Kota Batam. Kemarin giliran sekolah reguler yang melakukan penerimaan calon siswa baru, peminatnya juga tak kalah dari sekolah unggulan.

Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Batam, misalnya pada hari pertama penyeleksian calon siswa baru sudah mencapai sebanyak 600 pendaftar, yang sudah mengikuti tes 800 orang.

“Waktu tidak cukup, selebihnya bisa besok (hari ini, red) untuk dites lagi,” ujar Kepala SMK N 1 Batam, Agus Sahrir kepada Batam Pos, Senin (20/6).

Proses penyeleksian dimulai pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB, sementara untuk pembagian nomor antrian sudah dilakukan sejak pukul 07.30 WIB. Pertama kali proses penyeleksian peserta calon siswa mengikuti tes fisik, tes akademik, tes buta warna, jika lulus baru bisa mendaftar.

“Siswanya tidak boleh buta warna, jika buta warna dipaksakan nanti akan membahayakan perusahaan tempatnya bekerja nantinya. Tato dan bertindik juga tidak boleh,” kata Agus.

Selain itu, para pendaftar juga mengikuti tes dasar perhitungan, misalnya bisa perkalian, pengurangan, penambahan dan lain sebagainya. “Tesnya secara online untuk mempermudah pemeriksaan, setelah tes langsung nampak nilainya,” ucap Agus.

Sementara itu, proses penerimaan PPDB juga berlangsung lancar di SMKN 3 Batam, di sekolah tersebut menerima sebanyak 256 siswa dibuka untuk delapan rombel. “Pendaftaran berlangsung selama tiga hari,” ujar Ketua Panitia PPDB SMKN 3 Batam, Budi Hendrika.

Delapan rombel tersebut dibuka dengan jurusan Teknik Komputer Jaringan dibuka dua rombel, Tehnik Elektronika Industri dibuka dua rombel, Teknik Kendaraan Ringan satu rombel, Teknik Sepeda Motor satu rombel, Teknik Pendingin dan Tata Udara satu rombel, dan Teknik Tata Busana satu rombel. “Satu rombel disisi sebanyak 32 calon siswa baru,” ungkapnya.

Persyaratana pendaftran yang harus dipersiapkan oleh pendaftar, yakni mengisi permulir pendaftaran, menyerahkan foto copi ijazah dua lembar, foto copi SKHU UN dua lembar dilegalisir, pas foto 3X4 empat lebar, foto copi rapor semester ganjil satu, tiga dan lima, foto copi KTP orang tua ibu dan ayah, foto copi KK. “Usai peserta maksimal 21 tahun bagi calon pendaftar luar daerah harus menampilkan surat pindah rayon dari sekolah asal,” kata Humas SMK N3 Batam, Nurjanah. (cr14)

Respon Anda?

komentar