BP Batam Gandeng Kodam Bukit Barisan Untuk Pemetaan Lahan

901
Pesona Indonesia
Kantor Wali Kota Batam dan Engku Putri, DPRD Batam, dan Masjid Raya batam yang selama ini aset BP Batam bakal diserahkan ke Pemko Batam. Foto: dok humas Pemko Batam/istimewa
kota Batam. Foto: dok humas Pemko Batam/istimewa

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Komando Daerah Militer (Kodam) Bukit Barisan mengikat kerjasama dalam Memorandum of Understanding (MoU), Senin (20/6) di Medan. Tujuannya adalah untuk menuntaskan sejumlah persoalan terkait permasalahan lahan di Batam.

“Secara umum MoU ini bertujuan agar BP Batam mendapat asistensi dalam rangka pemutakhiran data-data lahan yang ada di Batam,” ujar Anggota 3/Deputi Bidang Pengusahaan Sarana Usaha BP Batam, RC Eko Santoso Budianto yang mewakili Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro.

MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Panglima Daerah Militer (Pangdam) Bukit Barisan, Mayjen Lodewyk Pusung setelah acara syukuran buka bersama dalam rangka HUT ke 66.

Dalam MoU tersebut, Kodam Bukit Barisan berkomitmen menyediakan tim khusus beserta sejumlah peralatan sarat teknologi yang dibutuhkan untuk pemetaan lahan-lahan di Batam.

Pemetaan lahan-lahan tersebut nantinya akan dibutuhkan untuk melengkapi database digital BP Batam terkait lahan.

Eko menambahkan kerjasama seperti ini yang paling dinantikan. Pasalnya, BP Batam punya keterbatasan tenaga dan peralatan.”Dengan MoU ini, Kodam akan menyediakan tim khusus dan menurunkan sejumlah peralatan untuk membantu BP Batam memetakan seluruh lahan di Batam,” terangnya.

Kedepannya BP Batam akan memiliki data lahan yang paling valid,baik yang ditampilkan secara grafis maupun non grafis. Data tersebut nantinya akan diunggah secara terbuka, agar masyarakat dan investor bisa mengakses data teraktual secara terbuka.

“Jika kita punya data yang valid dan up to date, maka untuk pertama kalinya dalam sejarah BP Batam akan punya database yang menyeluruh terhadap seluruh HPL yang ada di pulau Batam. Tinggal klik saja, semua data terkait lahan bisa diakses secara lengkap,” imbuhnya.(leo)

 

Respon Anda?

komentar