Bungkam Ukraina, Polandia Dampingi Jerman ke Babak 16 Besar

671
Pesona Indonesia
Jakub Blaszczykowski, pahlawan kemenangan Polandia atas Ukraina. (foto: AP)
Jakub Blaszczykowski, pahlawan kemenangan Polandia atas Ukraina. (foto: AP)

batampos.co.id – Polandia berhasil lolos babak perdelapan final Euro 2016 setelah menekuk Ukraina 1-0 pada pertandingan terakhir Grup C di Stade Velodrome, Marseille, Selasa (21/6) malam WIB.

Dengan kemenangan ini, Polandia finish sebagai runner-up di bawah Jerman dengan torehan sama-sama 7 poin. Namun jerman lebih unggul produktifitas gol.

Polandia langsung menguasai permainan sejak awal. Penyerang Arkadiusz Milik memiliki peluang mencetak gol saat melepaskan sepakan dari sisi kanan pertahanan Ukraina di menit tiga. Namun kiper Ukraina, Pyatov dengan sigap menahannya.

Ukraina pun tak mau kalah dan gantian menekan. Andriy Yarmolenko memiliki peluang membuat gol untuk timnya, tapi bisa diamankan kiper Polandia, Fabianski.

Peluang bagus kembali dimiliki Ukraina pada menit ke-16. Lagi-lagi Yarmolenko yang tinggal berhadapan dengan kiper Lukasz Fabianski tapi bola sepakannya terlalu melebar.

Poandia menambah kesempatan melalui bomber Robert Lewandowski. Tapi, sepakan lemahnya setelah mengecoh bek Ukraina bisa ditepis dengan susah payah oleh kiper Pyatov.

Hingga babak pertama tuntas, tidak ada gol tercipta. Kedua tim hanya membuat beberapa peluang yang sayangnya tidak bisa dioptimalkan.

Selepas turun minum, peruntungan Polandia berubah. Serangan mereka semakin gencar. Ukraina dibuat lebih fokus bertahan pada awal paruh kedua ini.

Hasilnya, Jakub Blaszczykowski yang baru masuk pada babak kedua langsung memberi kontribusi. Pemain Fiorentina itu mencetak gol pada menit ke-54 dan membuka peluang Polandia lolos ke 16-besar Euro 2016.

Tertinggal, Ukraina mulai berani meningkatkan tempo serangan. Namun, rapatnya barisan belakang Polandia tetap sulit dibongkar oleh Yevheniy Konoplyanka dan kawan-kawan.

Hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan, Polandia sukses mengunci kemenangan 1-0. Mereka sukses lolos ke babak 16-besar sebagai runner-up Grup C di bawah Jerman.

Di perdelapan final, Polandia akan berjumpa runner-up Grup A, Swiss. Sementara Jerman masih menanti salah satu peringkat ketiga terbaik. (jpg)

Respon Anda?

komentar