Jabatan Kadis Harus Mereka Yang Siap Bekerja

466
Pesona Indonesia
Pelantikan sejumlah pejabat Pemko Batam. Foto: dok pemko batam
Pelantikan sejumlah pejabat Pemko Batam. Foto: dok pemko batam

batampos.co.id – Anggota Komisi IV DPRD Kota Batam, Safari Ramadhan menilai kepala dinas tak efektif harus dievaluasi lagi. Apalagi mengingat fungsi dan tugas mereka untuk membantu dalam mewujudkan program-program Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Tentu harus ada evaluasi dari walikota. Karena beliaulah orang yang punya wewenang,” ujar Safari, kemarin.

Terkait rencana roling jabatan SKPD di lingkungan Pemko Batam, politisi Partai Amanat Nasional ini mengaku sangat mendukung. Sudah seharusnya, seorang kepala dinas harus mereka yang benar-benar siap, mau bekerja dan memiliki kemampuan di bidangnya.

“Tentu dewan sangat mendukung. Apalagi ada psikotes, sehingga mereka-mereka yang siap yang akan bersaing,” tegasnya.

Dari sekian SKPD, Safari menilai dinas pendidikan harus bekerja lebih baik lagi. Pasalnya, kemajuan pendidikan mencerminkan dasar pembangunan karakter anak bangsa. Semakin maju pendidikan suatu daerah semakin berhasil membentuk karakter anak bangsa.

“Siapa orangnya nanti, ada di tangan walikota. Kita berharap yang mau bekerja bukan yang seperti sekarang,” sindirnya.

Selain itu, Pemko Batam juga harus belajar dari daerah lain di Indonesia. Banyak daerah APBDnya kecil, namun pendidikannya jauh lebih baik dan maju dari Batam. “Kenapa orang bisa kita tidak. Ada apa, berati kita tidak bekerja,” tegasnya.

Ketua Komisi III DPRD Batam Djoko Mulyono mengaku sebagai kepanjangan tangan walikota, SKPD haruslah mereka yang benar-benar siap bekerja maksimal. Makanya bagi pejabat yang tidak mampu bekerja akan tersingkir dengan sendirinya.

“Bagaimana walikota bisa mengimplementasikan visi dan misinya kalau SKPDnya tak maksimal kinerjannya. Makanya bagi yang tak siap lebih baik mundur,” pungkasnya. (rng)

Respon Anda?

komentar