Pelabuhan Batuampar Siap Layani Arus Mudik

706
Pesona Indonesia
Arus mudik memadati Pelabuhan Beton Sekupang, Selasa (21/6). Pemudik ini menggunakan kapal Kelud tujuan Tanjung Priok, Jakarta,  F.  Dalil Harahap/Batam Pos
ilustrasi, F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam sangat siap untuk segera memindahkan pelayanan PT Pelni menuju pelabuhan Batuampar sesuai dengan instruksi Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan.

Menurut Kepala Kanpel Batam, Yulianus, kapal-kapal Pelni direncanakan akan bersandar di dermaga selatan dan menggunakan bekas terminal feri internasional Batuampar terhitung mulai Jumat (24/6).

“Kami siapkan terminalnya, sistem transportasinya, sandarnya seperti apa, semuanya diberesin,” kata Kakanpel Batam, kemarin (21/6)

Ruangan-ruangan di terminal penumpang sudah siap karena dahulunya pernah melayani jasa pelayanan komersil. Nantinya akan dilengkapi dengan ruang menyusui, karantina, posko mudik, jasa raharja dan lainnya.

Ruang tunggu penumpang diperkirakan mampu menampung sekitar 2.000 penumpang. Kanpel juga akan memasang pendingin ruangan untuk kenyamanan penumpang.

Namun, untuk tempat duduk di ruang tunggu masih menunggu proses karena petugas tengah memperhitungkan berapa banyak pemindahan kursi dari Pelabuhan Beton, Sekupang menuju pelabuhan Batuampar, sehingga pada Jumat nanti belum ada penambahan kursi baru.

“Kalau di pelabuhan Sekupang, penumpang tidak bisa duduk di bawah. Sedangkan di Batuampar bisa, karena lantainya tegel, dan dipel bersih,” kata dia lagi.

Sampai saat ini, pintu ke luar-masuk kendaraan yang membawa penumpang masih menggunakan gerbang utama, di seberang Kanpel, sama dengan pintu masuk kendaraan kargo. Namun, bila kondisi mendesak, maka Kanpel akan membuka pintu lainnya.”Untuk alternatif, buka pintu Makobar, bisa masuk ke situ,” imbuhnya.

Yulianus yakin dengan segala persiapan itu, maka Pelabuhan Batuampar bisa digunakan untuk turun-naiknya penumpang kapal Pelni. “Semua harus siap, demi kelangsungan angkutan Lebaran,” kata dia.

Menurut dia, selain angkutan Lebaran, Pelabuhan Batuampar akan terus digunakan sebagai pelabuhan Pelni, sampai Pelabuhan Beton Sekupang direnovasi dan bisa digunakan.

Sementara itu, PT Pelni Cabang Batam merencanakan untuk memindahkan pelayanan dari Pelabuhan Beton Sekupang ke Pelabuhan Batuampar mulai Jumat (24/6).

Pemindahan pelabuhan Pelni merupakan instruksi Menteri Perhubungan, karena menilai Pelabuhan Beton Sekupang tidak layak untuk penumpang.

Manajer Operasional Pelni Cabang Batam, Dahlan Mustofa menyatakan akan membahas berbagai masalah terkait naik-turunnya penumpang bersama Dinas Perhubungan, dan aparat terkait.(leo)

Respon Anda?

komentar