Tekuk Irlandia Utara 1-0, Jerman Juarai Grup C

685
Pesona Indonesia
Mario Gomez melakukan selebrasi setelah mencetak gol kemenangan Jerman atas Irlandia Utara. (foto: EPA)
Mario Gomez melakukan selebrasi setelah mencetak gol kemenangan Jerman atas Irlandia Utara. (foto: EPA)

batampos.co.id – Tim Panser Jerman sukses mengunci status juara Grup C Euro 2016 setelah menundukkan Irlandia Utara dengan skor tipis 1-0 di Parc des Princes, Paris, Selasa (21/6).

Unggul materi pemain, Jerman langsung mendominasi pertandingan sejak awal. Beberapa kali, anak asuh Joachim Loew ini mengancam lini pertahanan Irlandia Utara.

Sebuah peluang emas didapat Jerman melalui Thomas Muler pada menit enam. Umpan terukur diterima oleh pemain Bayern Muenchen tersebut, dan tinggal berhadapan dengan kiper Irlandia Utara. Sayangnya penyelesaian akhir yang kurang sempurna membuat bola masih bisa dihalau oleh sang kiper.

Pada menit ke-11 giliran Mario Goetze yang mendapatkan peluang manis. Namun sayang, sepakannya masih melambung di atas mistar McGovern.

Sepuluh menit berselang, Mario Gomez gantian mengancam. Namun lagi-lagi masih mentah di lini pertahanan dari Irlandia Utara.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Pada menit ke-29, Gomez memecah kebuntuan lewat golnya. Berawal dari kerja sama gemilang Mesut Oezil dan Mueller, Gomez menyambut bola dengan keras dan membobol gawang Irlandia Utara.

Unggul satu gol, tim Panzer tak mengendurkan tekanan. Namun, sampai paruh pertama berakhir, skor 1-0 untuk Jerman tak berubah.

Memasuki babak kedua, serangan anak asuh Loew ini kembali terlihat. Beberapa kali, mereka menekan pertahanan Irlandia Utara.

Paruh kedua baru berjalan tujuh menit, Goetze mendapatkan peluang emas. Namun sayang, sepakannya yang sudah berada di depan gawang Irlandia Utara itu masih melebar.

Menit ke-59, giliran Samy Khedira beraksi. Tembakan keras dia lepaskan dari luar kotak penalti, namun bola bisa diblok oleh kiper Irlandia. Bola memantul dan akan diselesaikan oleh Gomez namun sundulannya masih melebar.

Hal serupa juga terjadi kepada Gomez. Pada menit ke-73, penyerang Besiktas ini gagal memaksimalkan peluang di mulut gawang.

Hingga menjelang akhir pertandingan, Jerman masih terus mendikte permainan. Mereka menguasai 78 persen penguasaan bola dengan total 19 tendangan, dan delapan di antaranya tepat sasaran. Namun skor 1-0 tetap bertahan hingga akhir laga. (jpg)

Respon Anda?

komentar