Tundukkan Spanyol 2-1, Kroasia Puncaki Grup D

891
Pesona Indonesia
Selebrasi Ivan Perisic usai mencetak gol kemenangan Kroasia atas Spanyol. (foto: reuters)
Selebrasi Ivan Perisic usai mencetak gol kemenangan Kroasia atas Spanyol. (foto: reuters)

batampos.co.id – Hasil mengejutkan terjadi di laga pamungkas grup D Euro 2016. Sang juara bertahan Spanyol menelan kekalahan 1-2 dari Kroasia dalam pertandingan yang digelar di Nouveau Stade de Bordeaux, Selasa (21/6).

Nikola Kalinic dan Ivan Perisic mencetak dua gol kemenangan Kroasia. Sedangkan satu gol Spanyol dicetak oleh Alvaro Morata.

Kroasia sempat membuat Spanyol tertekan di awal laga dengan permainan agresif mereka. Namun Spanyol berhasil mencuri gol pada menit ke-7 lewat Alvaro Morata.

Pertandingan berjalan secara terbuka dan kedua tim saling bergantian menekan. Sebuah kesalahan David De Gea nyaris membawa Kroasia bisa menyamakan kedudukan.

Usaha Kroasia akhirnya membuahkan hasil pada menit terakhir babak pertama. Menerima umpan silang Ivan Perisic, Nikola Kalinic melepaskan tendangan dengan tumitnya sambil melompat untuk membuat skor sama kuat 1-1.

Usai turun minum, kedua tim tetap memeragakan permainan menyerang. Sekalipun Spanyol lebih mendominasi penguasaan bola, Kroasia juga memiliki sejumlah peluang berbahaya.

Spanyol mendapatkan peluang emas pada menit ke-71, ketika Silva dilanggar di kotak penalti. Namun, eksekusi penalti Ramos berhasil dimentahkan Subasic.

Kegagalan penalti Ramos itu memantik semangat para pemain Kroasia. Mereka akhirnya bisa berbalik unggul pada menit ke-87 lewat sebuah serangan balik ciamik.

Setelah menerima umpan dari Kalinic, Perisic melepaskan tendangan menyilang ke tiang jauh gawang Spanyol, tanpa bisa diantisipasi De Gea. Skor 2-1 bertahan hingga akhir laga.
Dengan hasil ini, Kroasia keluar sebagai juara Grup D dengan torehan 7 poin, unggul satu angka atas Spanyol.

Di babak 16 besar, Spanyol dipastikan akan menghadapi Italia selaku juara Grup E. Sementara Kroasia masih menunggu hasil salah satu peringkat ketiga terbaik. (bbs/sam)

Respon Anda?

komentar