Zakat Fitrah 2,5 Kilogram Beras Perorang

4913
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Karimun, telah menyeragamkan harga zakat fitrah maupun zakat mal. Penetapan keseragaman zakat fitrah tersebut bertujuan untuk memudahkan bagi masyarakat yang akan melakukan zakat fitrah di setiap masjid maupun surau.

”Patokannya, berupa makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari dalam bentuk beras seberat 2,5 kilogram. Dan sudah di terbitkan beberapa waktu lalu, dan sudah ada yang melaksanakan di masjid-masjid maupun surau,” kata Kakamenag Karimun, H Aprizal, di Tanjungbalai Karimun, kemarin (22/6).

Namun, biasanya para pengurus masjid atau surau pada hari ke 20 baru dimulai. Saat ini, disetiap masjid maupun surau sudah terpajang berapa kisaran zakat fitrah yang harus dibayar per jiwanya. Seperti untuk 1 kilogram beras dengan harga paling rendah Rp 10 ribu dikalikan dengan 2,5 kilogram menjadi Rp 25 ribu untuk satu jiwa. Tinggal kalikan berapa jiwa yang akan membayar zakat fitrah.

Tapi ada juga yang Rp 11 ribu, Rp 12 ribu, Rp1 4 ribu dan Rp 15 ribu harga beras per kilogramnya, itu tergantung orangnya disesuaikan harga beras yang dimakan setiap harinya. Artinya, apabila seseorang makan dengan harga beras Rp 8500 per kilogramnya bisa juga tinggal di kalikan 2,5 kilogram.

”Intinya, berapapun harga beras wajib bagi umat muslim untuk membayar zakat fitrah di bulan suci Ramadan dengan batas waktu hingga sebelum shalat Idul Fitri nanti,” pesannya.

Sementara untuk zakat fitrah yang harus di nisabnya setara atau minimal 85 gram emas dan haulnya telah mencapai 1 tahun. Maka, zakatnya 2,5 persen dari harta kekayaannya. Dari, harga 1 gram emas R p500 ribu di kalikan 85 gram menjadi Rp 42.500 juta. Sehingga, zakat harta yang dikeluarkan 2,5 persen kali Rp 42.500 juta menjadi Rp 1.062.250.

Contohnya, jika memiliki harta yang telah wajib dizakatkan senilai Rp 100 juta, maka zakat yang wajib dikeluarkan adalah Rp100 juta kali 2,5 persen menjadi Rp 2,5 juta. Sedangkan, fidyah sebesar Rp 17 ribu untuk satu orang yang tidak bisa melunasi puasa pada tahun lalu.

”Sekali lagi silahkan bagi umat muslim menjalankan kewajibannya. Sudah ada aturannya, tinggal melaksanakan saja,” jelas Aprizal.

Sedangkan salah seorang pengurus Masjid Al Falah Sei Pasir Alrion, mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan surat edaran tentang zakat fitrah dan zakat mal atau zakat harta kepada warganya. ” Sudah ada warga kita yang membayar zakat fitrah di pertengahan puasa ini,” singkatnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar