Hong Kong Kota Termahal di Dunia

1041
Pesona Indonesia

bokongbatampos.co.id – Hongkong dinobatkan sebagai sebagai kota dengan biaya hidup tertinggi. Khususnya bagi kaum ekspatriat.

Adalah Mercer, perusahaan jasa konsultasi yang berkantor pusat di Kota New York, Amerika Serikat (AS), yang menobatkan.

’’Hongkong memuncaki laporan cost of living sebagai kota dengan biaya hidup termahal bagi ekspatriat,’’ terang Mercer dalam laporan resminya.

Hongkong sukses menggeser posisi Kota Luanda, ibu kota Angola.

Padahal, kota tersebut selalu berada di peringkat pertama daftar kota-kota termahal dunia selama tiga tahun berturut-turut. Tahun ini Luanda harus mengalah kepada Hongkong.

Menguatnya nilai tukar dolar Hongkong (HKD) terhadap mata uang yang lain menjadi penyebab utama perubahan peringkat tersebut. Dalam setiap surveinya, Mercer selalu membandingkan harga sekitar 200 barang di sekitar 200 kota di dunia.

Selanjutnya, data itu dibandingkan dengan harga barang-barang yang sama di Big Apple. Mercer selalu menjadikan New York sebagai patokan.

’’Sebenarnya, secara umum, harga barang-barang di seluruh dunia masih tetap sama,’’ kata Bruno Rocquemont dari Mercer Prancis.

Yang membuat hasil survei kali ini beda, menurut dia, adalah perubahan nilai tukar HKD. Selain membandingkan harga barang-barang tertentu, Mercer membandingkan biaya transportasi, sewa tempat tinggal, dan murah atau mahalnya biaya untuk mendapatkan hiburan di 200 kota itu. (AFP/hep/c19/any)

Respon Anda?

komentar