KPPAD akan Luncurkan Sistem Pengaduan Online

580
Pesona Indonesia
Ketua KPPAD Kepri, Muhammad Faizal. foto:net
Ketua KPPAD Kepri, Muhammad Faizal. foto:net

batampos.co.id – Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Kepri berencana meluncurkan pelayanan pengaduan secara online yang akan dilakukan pada peringatan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2016 mendatang.

Pelayanan ini menjadi salah satu inovasi teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dalam penanganan kasus anak di Kepri.

“Pengaduan sistem manual membuat masyarakat masih enggan untuk melapor ke KPPAD, jadi kita akan berinovasi membuat sistem online,” ujar Ketua KPPAD Kepri, Muhammad Faizal, Rabu (22/6).

Menurutnya, untuk masalah jaringan, sudah menjadi tanggungjawab provider yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, karena KPPAD hanya menyediakan fasilitas pengaduan sistem online ini untuk mendekatkan jarak antara masyarakat dengan KPPAD.

Selain itu, Faizal mengatakan ada kolom diskusi dan interaksi antara masyarakat dengan KPPAD. Sehingga, keberadaan sistem online ini untuk mempercepat penanganan terhadap kasus anak sesuai dengan aturan perlindungan anak.

Sementara itu Wakil Ketua KPPAD Kepri, Eri Syahrial menambahkan pengaduan online ini bisa diakses dimana saja selagi masyarakat bisa mendapatkan jaringan telekomunikasi di Kepri.

Menurut Eri, sistem online akan mempercepat proses penanganan kasus anak yang berada di Kepri, karena pelayanan ini bisa langsung diterima dan diakses oleh seluruh komisioner KPPAD.

“Jadi kendala-kendala yang dialami KPPAD dalam menindaklanjuti pengaduan masyarakat, akan bisa diminimalisir,” jelasnya.

KPPAD Kepri akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan unit pelayanan lainnya, sehingga program ini bisa berjalan dan kejadian tindak pidana pencabulan atau kekerasan terhadap anak yang terjadi akan ditangani dengan cepat. (odi/bpos)

Respon Anda?

komentar