Yang Mau Mudik, Jangan Lupa Lapor Pak RT Ya

428
Pesona Indonesia
Arus mudik memadati Pelabuhan Beton Sekupang, Selasa (21/6). Pemudik ini menggunakan kapal Kelud tujuan Tanjung Priok, Jakarta,  F.  Dalil Harahap/Batam Pos
Arus mudik memadati Pelabuhan Beton Sekupang, Selasa (21/6). Pemudik ini menggunakan kapal Kelud tujuan Tanjung Priok, Jakarta, F. Dalil Harahap/Batam Pos

batampos.co.id – Mudik atau pulang kampung memang sudah menjadi budaya bagi masyarakat Indonesia setiap kali Hari Raya Idul Fitri tiba. Termasuk warga Batam yang sebagian besar pendatang ini.

Namun, kriminalitas bukannya tidak ada ketika masyarakat pulang kampung. Para kriminal justru memanfaatkan momen Lebaran ini untuk melancarkan aksinya.

“Tahun lalu ada tetangga yang kecurian waktu pulang kampung. Malingnya bawa televisi lengkap sama kardusnya,” kata Warga Perumahan Citramas Indah, Ani.

Ani mengaku was-was dengan kejadian itu. Terlebih karena rumahnya hanya terpisah empat rumah dari rumah tetangganya tersebut. Ia juga pernah mendengar ada rumah lain yang kecurian ketika ditinggal pergi pemiliknya.

“Di rumah itu ada banyak orang lagi duduk-duduk. Satpam lihatnya biasa saja. Ternyata mereka itu maling,” katanya.

Perumahan Citramas Indah tergolong perumahan besar di wilayah Nongsa. Ketua RW 006 Perumahan Citramas Indah, Rahmad, mengakui, rumah-rumah yang berlokasi di ujung-ujung kompleks memang rawan kejahatan.

“Kalau di dalam kan sudah padat rumahnya jadi terpantau,” kata Rahmad.

Memang, selama ini tidak ada pengamanan khusus selama lebaran. Ia telah menghimbau masyarakat untuk melapor ke Ketua RT jika pulang kampung. Terutama jika ada penjaga perumahan yang mereka minta untuk menjaga rumah. Ia juga berniat meminta pihak perumahan untuk menambah tenaga pengamanan ketika libur lebaran tiba.

Selain itu, ia juga menghimbau masyarakat untuk mematikan seluruh lampu dan peralatan elektronika serta air di rumah ketika pulang kampung. Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti, misalnya, kebakaran.

“Cukup nyalakan lampu di teras depan saja,” katanya. (ceu)

Respon Anda?

komentar