Mencuri Mobil, Bocah 10 Tahun Ditembak Mati Polisi

935
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Malang nian nasib Italo Ferreira. Bocah berusia 10 tahun asal Sao Paulo tersebut tewas mengenaskan setelah diterjang timah panas polisi.

Polisi mengatakan tindakan itu terpaksa dilakukan karena Ferreira melarikan diri setelah mencuri mobil. Saat dikejar, dia meletuskan pistol sebanyak tiga kali. Mereka pun terpaksa menembaknya.

Kasus tersebut bermula dari kenakalan Ferreira dan kawannya yang masih berusia 11 tahun. Pada 2 Juni lalu, keduanya memanjat tembok kompleks permukiman mewah di Sao Paulo, mencongkel pintu mobil Daihatsu keluaran 1998 yang terparkir di salah satu rumah, lalu mengendarainya.

Mengetahui adanya pencurian, polisi militer di dekat lokasi kejadian mengejar dan menembak pelaku. Peluru menembus mata sebelah kiri Ferreira, mengakhiri pelarian dan hidupnya. Dalam reka ulang kemarin (22/6), penduduk terbagi dalam dua kubu.

Orang-orang yang tinggal di lokasi pencurian mendukung tindakan polisi. Sebab, mereka sudah lelah dengan kejahatan yang merajalela. Sebagian lainnya mengecam.

’’Kami marah atas kasus ini. Bagi kami, tidak mungkin anak 10 tahun bisa mengemudi sambil ditembaki, mengoperasikan senjata, dan membuka jendela untuk menembak polisi, lantas menutup jendela lagi,’’ terang Julio Fernandes Neves, salah seorang ombudsman kepolisian.

Jika memang benar Ferreira menembaki polisi, jendela mobil pasti terbuka. Namun, kenyataannya jendelanya tertutup. Penyelidikan forensik awal juga mengindikasikan bahwa tidak ada tembakan yang dilepaskan dari dalam mobil.

Polisi menuding Ferreira menembak tiga kali, namun tanda-tanda penembakan tersebut justru tidak ada. Selain itu, ada indikasi bahwa tempat kejadian perkara (TKP) telah dirusak.

Ibu Ferreira dipenjara karena merampok ketika usia Ferreira baru beberapa bulan. Dia lantas disusui ibu lainnya di lingkungan tempat tinggalnya, namun hanya beberapa waktu. Setelah itu, dia menjadi anak yang telantar. Pada usia 10 tahun, Ferreira terlibat beberapa kejahatan kecil.

Departemen Kepolisian menegaskan saat ini masih melakukan penyelidikan mendalam atas kasus penembakan Ferreira. Petugas yang terlibat dalam kejadian tersebut pun telah dialih-tugaskan dari lapangan ke bagian administrasi. (jpnn)

Respon Anda?

komentar