Polisi Gagalkan Pengiriman TKI Ilegal ke Malaysia

1125
Pesona Indonesia
Para calon TKI saat menjalani pemeriksaan di unit PPA Sat Reskrim Polresta Barelang. foto:eggi idriansyah
Para calon TKI saat menjalani pemeriksaan di unit PPA Sat Reskrim Polresta Barelang. foto:eggi idriansyah

batampos.co.id – Jajaran Sat Reskrim Polresta Barelang telah berhasil menggagalkan pengiriman 6 calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal menuju Malaysia melalui Batam. Para calon tenaga kerja tersebut rata-rata berasal dari Provinsi Jawa Barat.

Penggagalan penyelundupan tenaga kerja gelap tersebut dilakukan polisi pada Kamis, 23 Juni 2016, sekitar pukul 08.00 WIB di SPBU Sukajadi. Polisi kemudian membawa 6 orang itu ke Polresta Barelang.

Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian mengungkapkan penangkapan ini berawal dari adanya laporan LSM Gerakan Anti Trafficking (GAT) bahwa ada pengiriman TKI ilegal.

“Awalnya kita dapat info dari LSM, bahwa akan ada pengiriman TKI ilegal yang mau dibawa ke Malaysia.¬†Kebanyakan dari mereka direkrut dari luar Kepri,” ungkap Memo, Kamis (23/6).

Memo menambahkan, saat dilakukan penangkapan polisi turut mengamankan paspor dari para calon TKI yang akan segera diberangkatkan.

“Mereka ini rencananya akan diberangkatkan sebagai pelancong dari pelabuhan resmi. Untuk sementara, saat ini para calon TKI masih kita lakukan pengembangan,” lanjut Memo.

Berdasarkan pantauan batampos.co.id di Polresta Barelang, sekitar pukul 15.00 WIB seluruh calon TKI telah selesai dilakukan pemeriksaan dan akan dibawa menuju rumah shelter.

“Mereka saat ini kami amankan dulu di rumah shelter Batam Center,” ungkap Ketua GAT Kota Batam, Dedi.(eggi/bpos)

Respon Anda?

komentar