Rajin ke Posyandu Balita Diberi Bingkisan

399
Pesona Indonesia
Petugas kesehatan sedang meneteskan vaksin polio terhadap seorang balita di  Kelurahan Tanjungpinang Kota, Selasa (8/3).  foto:yusnadi/batampos
Petugas kesehatan sedang meneteskan vaksin polio terhadap seorang balita di Kelurahan Tanjungpinang Kota, Selasa (8/3). foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tanjungpinang memberikan 264 paket bingkisan bagi Balita yang paling aktif datang ke Posyandu.

“Ini diberikan bagi orang tua yang aktif memanfaatkan pelayanan Posyandu,” ujar Rustam di Aula Bulang Linggi, BPAM Kota Tanjungpinang, Rabu (22/6).

Untuk meningkatkan jumlah capaian masyarakat yang datang ke Posyandu, dibutuhkan kader yang proaktif. Karena itu, Pemko Tanjungpinang memberikan insentif setiap tahunnya bagi kader Posyandu, supaya para kader selalu termotivasi untuk meningkatkan kinerja dalam pelayanan Posyandu.

“Tahun 2016 ini, setiap Posyandu memperoleh Rp 3 juta. Tahun lalu insentif sebesar Rp 2 juta,” ujarnya.

Di Kota Tanjungpinang terdapat sedikitnya 1200 kader yang tersebar di 157 Posyandu. Para kader Posyandu tersebut tidak hanya berperan dalam kesehatan dan perkembangan Balita saja. Tapi juga berperan dalam mencegah kematian ibu hamil dan Balita. “Hingga Juni 2016 ini, tidak ada ibu hamil meninggal di Kota Tanjungpinang. Semoga dapat dipertahakan sampai akhir tahun,” ujarnya.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah juga berharap kinerja para kader dapat ditingkatkan. Dengan begitu, target masyarakat yang memanfaatkan Posyandu dapat tercapai. “Tahun kita tahun ini 80 persen masyarakat memanfaatkan Posyandu. Harus meningkat dari pencapaian tahun 2015 lalu yang sebesar 60,6 persen,” ujar Lis. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar