Tekuk Austria 2-1, Islandia Melaju ke Babak 16 Besar

862
Pesona Indonesia
Para pemain Islandia merayakan kemenangan atas Austria. (foto: shuttershock)
Para pemain Islandia merayakan kemenangan atas Austria. (foto: shuttershock)

batampos.co.id – Berstatus sebagai tim yang tidak diunggulkan di turnamen Euro 2016, Islandia akhirnya sukses lolos ke babak 16-besar setelah mengandaskan perlawanan Austria di Stade de France, Rabur (22/6).

Gol di menit-menit akhir dari dari Ingvi Traustason membawa tim berjuluk Our Boys menduduki posisi runner-up Grup F .

Di awal laga, Islandia yang mengincar kemenangan guna mengamankan tiket ke babak 16-besar langsung tancap gas. Mereka langsung menekan sejak awal-awal laga.

Tim debutan ini beberapa kali mengancam, salah satunya lewat Johann Berg Gudmundsson pada menit kedelapan. Namun, sepakannya masih bisa diadang oleh barisan pertahanan Austria.

Selang empat menit, giliran Austria yang mengancam melalui Marko Arnautovic. Dia nyaris membawa negaranya unggul setelah mengintersep bola yang dikuasai kiper Islandia, Halldorsson. Tapi kembali gagal.

Gol yang ditunggu-tunggu Islandia akhirnya datang pada menit ke-18. Ialah Jon Dadi Boedvarssonyang sukses membuka keunggulan.

Berawal dari umpan jauh Arnason, bola kemudian diteruskan dengan baik oleh Boedvarsson. 1-0 Islandia memimpin.

Tertinggal, Austria mencoba bangkit. Bahkan, mereka nyaris menyamakan kedudukan lewat Aleksandar Dragovic melalui titik penalti.

Namun sayang, Dragovic membuang peluang emas negaranya menyamakan kedudukan setelah sepakannya membentur tiang dan mengalir ke sisi gawang.

Skor 1-0 untuk keunggulan Islandia bertahan hingga turun minum. Memasukki paruh kedua, permainan David Alabsa cs meningkat.

Beberapa kali, Austria menekan guna mencari gol penyeimbang. Alhasil, pada menit ke-60 Austria sukses menyamakan kedudukan melalui Alessandro Schoepf.

Dia berhasil mendahului Gunnarsson menyambar umpan silang Alaba untuk membawa negaranya menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-74, giliran Islandia kembali mendapatkan kesempatan emas. Berawal dari umpan manis Gudmundsson, Kolbeinn Sigthorsson gagal memanfaatkannya.

Di 10 menit terakhir pertandingan, Austria kembali menekan melalui David Alaba. Namun, sepakannya masih mampu ditepis Halldorsson dan sepakan sudut Austria terbuang percuma setelah duel antara Hinteregger dan Traustason dihentikan wasit.

Tanpa disangka-sangka, Islandia kembali memberi kejutan lewat gol telat Arnor Ingvi Traustason pada menit ke-94 yang sukses memanfaatkan umpan manis dari Theodor Elmar Bjarnason. Skor 2-1 bertahan hingga akhir laga.

Dengan hasil ini, Islandia sukses lolos ke babak 16-besar dengan status runner-up grup dan akan berhadapan dengan Inggris. (jpg)

Respon Anda?

komentar