Batam Masuk Kriteria Surga Pembebasan Pajak

901
Pesona Indonesia
Menkeu Bambang Brodjonegoro. Foto: dok. jawapos.com
Menkeu Bambang Brodjonegoro. Foto: dok. jawapos.com

batampos.co.id – Pemerintah cukup serius mempersiapkan satu lokasi khusus di wilayah Indonesia sebagai kawasan surga pembebasan pajak atau declare offshore financial center.

Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo menuturkan Batam berpotensi dijadikan offshore financial center karena merupakan kawasan perdagangan bebas.

Menurut dia, wilayah Batam juga belum terlalu kompleks, sehingga memudahkan para investor yang akan masuk. Selain itu, di Kepri, Bintan juga disebut layak dijadikan area surga pajak Indonesia.

’’Atau sekitar Bali yang bisa dimanfaatkan pemerintah untuk mengembangkan pariwisata,’’ kata Yustinus, Kamis (23/6).
6736
Sementara Menkeu Bambang Brodjonegoro menuturkan, saat ini pemerintah masih menentukan lokasi kawasan khusus tersebut. Namun, dia menegaskan, setidaknya ada tiga kriteria wilayah yang bisa dijadikan declare offshore financial center.

Salah satu syaratnya, perangkat yang memadai seperti lembaga keuangan berskala internasional. Kriteria kedua, area itu bukan wilayah yang sudah memiliki rezim pajak normal seperti Jakarta. Terakhir, daerah tersebut harus mempunyai infrastruktur yang memadai. ’’Jadi, nggak boleh yang underdevelopment,’’ kata Bambang.

Sebagaimana diwartakan, declare offshore financial center merupakan wilayah atau yurisdiksi dengan pajak rendah yang khusus disiapkan untuk perusahaan cangkang (offshore company) berinvestasi.

Di wilayah itu, pengusaha Indonesia yang beraktivitas di luar negeri bisa membuat serta mendaftarkan perusahaan yang bertujuan khusus (special purpose vehicle/SPV) dengan tarif pajak yang lebih rendah. Namun, pemerintah ingin basis pajak dari perusahaan tersebut berada di dalam negeri sehingga bisa mendorong penerimaan perpajakan.

Rencananya, lanjut dia, yurisdiksi itu sama dengan Pulau Labuan, Malaysia, yang menjadi offshore financial center di Negeri Jiran tersebut sejak 1990. ’’Sesegera mungkin kami buat skema, lalu menentukan wilayah,’’ ungkapnya. (ken/c5/oki/jpgrup)

Respon Anda?

komentar