PGN Target Salurkan Gas ke 5.000 Pelanggan Rumah Tangga

807
Pesona Indonesia
Proses penyambungan pipa gas oleh PGN di Batam. Foto: Dalil harahap/batampos/JPG
Proses penyambungan pipa gas oleh PGN di Batam. Foto: Dalil harahap/batampos/JPG

batampos.co.id – PT Perusahaan Gas Negara (PGN) terus menggenjot distribusi gas bumi untuk sektor rumah tangga di Batam. Tahun ini, PGN menargetkan sebanyak 5.000 pelanggan rumah tangga sudah dialiri gas ramah lingkungan itu.

Sales Head PT PGN Area Batam, Amin Hidayat mengatakan saat ini sudah ada sekitar 450 rumah tangga di Batam yang sudah menggunakan gas PGN. Selanjutnya, dalam waktu dekat PGN akan memasang 4.000 sambungan baru untuk gas rumah tangga di wilayah Batuaji dan Sagulung.

”Lokasinya di tiga perumahan di Batuaji dan 13 perumahan di Sagulung,” kata Amin saat buka bersama dengan awak media di Eska Hotel Batam, Selasa (21/6/2016).

Dia menerangkan beberapa keuntungan menggunakan gas bumi. Dari sisi keamanan, gas bumi PGN auh lebih aman dibandingkan dengan LPG. Sebab selain tekanannya lebih rendah, masa gas bumi PGN juga jauh lebih ringan dari berat udara.

”Sehingga jika terjadi kebocoran, potensi kebakaran sangat kecil sekali,” katanya.
Dari sisi ekonomi, menggunakan gas bumi PGN juga jauh lebih murah. Dengan tarif Rp 3.530 per meter kubik, pelanggan bisa menghemat antara 40 sampai 60 persen.

Selain pelanggan rumah tangga, saat ini gas PGN juga sudah digunakan beberapa pelanggan sektor lain. Seperti sektor industri, komersil, hingga pembangkit tenaga listrik.
Dalam kesempatan itu Amin mengatakan hubungan antara PGN dan media merupakan mitra yang saling membutuhkan.

”Kami membutuhkan media untuk menyampaikan apa yang kami lakukan, media butuh kami untuk informasi terbaru,” ungkapnya.

Amin juga menyampaikan PGN senantiasa melayani energi untuk Batam guna mendukung visi pemerintah terkait kemandirian energi. ”Salah satunya Batam menjadi Kota Gas pada 2018,” tambahnya.

Kini dia optimistis Batam siap menjadi Kota Gas pada tahun 2018 lantaran Batam dinilai sudah siap pada segi infrastruktur, seperti tersedianya jaringan gas sepanjang 141,3 kilometer. ”Kita akan komit bangun terus,” ucapnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar