Punya Anak Kembar Lima Diberi Nama AIUEO

4643
Pesona Indonesia
Bayi AIUEO dari kiri Abbid, Izzul, Uqkail, Ezra, dan Oxy
Bayi AIUEO dari kiri Abbid, Izzul, Uqkail, Ezra, dan Oxy

batampos.co.id – Kebayang nggak, punya bayi kembar lima?! Yuk kita tanya Lely Solihati dan Habibie Ahmad Akbar. Mereka dikaruniai kembar lima laki-laki yang diberi nama AIUEO.

Dari depan pintu, sudah terdengar suara celoteh dan tangis bayi. Selamat datang di rumah baby AIUEO. Rupanya, ada yang sedang mengantre minum susu.

Saat sang ibunda menyusui salah seorang dari si kembar, yang lainnya harus bersabar. Ada pula yang anteng di kasur sambil sesekali menyentuh tangan saudara kembar di sampingnya. Supercute!

Yang mem-follow akun Instagram @amiehlely, sang ibu bayi kembar lima ini, tentu sudah sering dibuat gemas karena kelucuan AIUEO. Yap, mereka diberi nama dengan inisial huruf vokal.

”Waktu lahir, saya dan suami belum nyiapin nama. Ada teman kasih saran dipanggil AIUEO saja,” ujar Lely mengenang persalinannya pada 10 Januari lalu. Setelah itu, baru dia dan suami mencari nama panjang untuk kelima jagoan mereka.

Sesuai urutan kelahiran, kelima bayi diberi nama Abbid Muhammad Akbar, Izzul Syaefuddin Al Akbar, Uqkail Fathul Akbar, Ezra Khayru Akbar, dan Oxy Abhitya Akbar. Uqkail dan Oxy kembar identik. Bayi kembar lima itu merupakan kehamilan kedua Lely. Sebelumnya, dia dikaruniai Shakira Maryam Assyabiya, 2 tahun 3 bulan.

AIUEO lahir secara Caesar di RS Harapan Kita, Jakarta, ketika usia kehamilan Lely 31 minggu. Karena lahir prematur, si kembar harus berada di NICU selama satu setengah bulan. Setelah boleh dibawa pulang ke Cirebon pun, dokter belum mengizinkan si kembar untuk bebas dikunjungi.

Para kerabat yang ingin menengok hanya bisa melihat dari jendela kamar. Ketika usianya mencapai empat bulan, baru boleh berinteraksi.

Jawa Pos beruntung karena berkunjung ke rumah AIUEO di kawasan Jalan Pemuda, Cirebon, (19/6) ketika AIUEO berusia lima bulan sehingga bisa menyentuh, menggendong, dan bermain dengan si kembar.

Ibu muda itu tidak merasa kerepotan merawat kelima bayi kembar dan si sulung Shakira. Dia berbagi tugas dengan sang suami serta dibantu tiga asisten. Frekuensi minum si kembar lima itu sekitar delapan kali sehari.

”Setiap tiga jam mulai pukul 6 pagi sampai pukul 3 pagi lagi begitu setiap hari,” kata Lely.

Di antara lima bayi itu, Izzul masih full ASI. Dia tidak bisa minum susu formula. Keempat saudaranya masih bisa dikombinasi. Para bayi itu biasanya mandi pagi pukul 06.00. Mandinya bergantian dan sebagian ditangani asisten. Dalam sehari lima bayi itu minimal menghabiskan 40 diaper.

Meski sehari-hari disibukkan oleh AIUEO, Lely dan suami tetap memberikan perhatian kepada Shakira. Putri sulungnya itu terkadang cemburu kepada si kembar.

”Si kakak masa perkembangannya lagi suka ngobrol. Kadang suka usil sama adik-adiknya,” cerita Lely, sambil menyapa Shakira yang baru bangun tidur sore itu.

Solusinya, bila Shakira sedang rewel, Lely menangani Shakira dahulu, sementara AIUEO dipegang asisten. Atau, sang ayah mengajak Shakira bermain. Lely tidak ingin Shakira merasa terabaikan.

Sesekali, Lely, Habibie, dan Shakira pergi bertiga. Sekadar makan di luar sebentar, si kembar dititipkan kepada neneknya. Saat film AADC2 tayang April lalu, Lely menonton berdua dengan suami.

”Ibu juga butuh refreshing. Saya masih pergi ke pasar dan memasak saat si kembar sedang tidur,” tutur Lely.

Selama Ramadan ini Lely tetap berpuasa.

”Saat sahur dan setelah berbuka, saya manfaatkan untuk pumping. Siang juga masih menyusui langsung,” urai alumnus arsitektur Universitas Gadjah Mada Jogjakarta tersebut.

Bulan depan, si kembar mulai MPASI. Lely sangat menikmati masa-masa tumbuh kembang keenam buah hatinya.

”Nanti kalau si kembar sudah bisa jalan, bakal lebih seru nih,” ucapnya sembari mengelus bayi-bayi lucunya itu. (NORA SAMPURNA, Jakarta)

Respon Anda?

komentar