Terminal Penumpang Pelni di Batuampar Dilengkapi AC

948
Pesona Indonesia
Pelabuhan Batuampar di lihat dari udara. Foto: istimewa/singapuraterkini
Pelabuhan Batuampar di lihat dari udara. Foto: istimewa/singapuraterkini

batampos.co.id – Pelabuhan Batuampar ternyata sudah siap untuk melayani penumpang kapal PT Pelni. Ruangan terminal dan lokasi sandar kapal saat ini masih dalam tahap proses pengerjaan dan akan selesai Rabu sore (23/6/2016).

Pantauan koran Batam Pos (grup batampos.co.id), Rabu (23/6/2016), puluhan pekerja tengah merenovasi terminal Batuampar yang berada di dermaga selatan.

”Ruangan terminal disini berbeda dengan yang di Sekupang, karena sudah dilengkapi dengan AC, air, dan listrik juga sudah lengkap,” ujar salah seorang staf Kantor Pelabuhan (Kanpel), Rizal.

Jarak antara terminal dan tempat sandar memang agak jauh dan dipenuhi oleh kontainer. Namun, rencananya PT Pelni akan membawa busway khusus untuk mengangkut penumpang dari pintu keluar terminal menuju kapal.

Selain itu untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang akan pergi maupun yang akan tiba, pihak Pelabuhan Batuampar menyiapkan dua pintu yang berbeda untuk mengakomodirnya.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Batuampar, Azhari mengatakan pihaknya sudah siap untuk melayani penumpang kapal PT Pelni pada Jumat (24/6/2016).

”Pada dasarnya kita berusaha semaksimal mungkin memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya singkat.

Sebelumnya, Kepala Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam, Yulianus, menjelaskan ruangan-ruangan di terminal penumpang sudah siap karena dahulunya pernah melayani jasa pelayanan komersil. Nantinya akan dilengkapi dengan ruang menyusui, karantina, posko mudik, Jasa Raharja dan lainnya.

Ruang tunggu penumpang diperkirakan mampu menampung sekitar 2.000 penumpang. Kanpel juga akan memasang pendingin ruangan untuk kenyamanan penumpang.

Sampai saat ini, pintu ke luar-masuk kendaraan yang membawa penumpang masih menggunakan gerbang utama, di seberang Kanpel, sama dengan pintu masuk kendaraan kargo. Namun, bila kondisi mendesak, maka Kanpel akan membuka pintu lainnya.

”Untuk alternatif, buka pintu (Pelabuhan) Makobar, bisa masuk ke situ,” imbuhnya.
Yulianus yakin dengan segala persiapan itu, maka Pelabuhan Batuampar bisa digunakan untuk turun-naiknya penumpang kapal Pelni.

”Semua harus siap, demi kelangsungan angkutan Lebaran,” kata dia. (leo/cr17)

Respon Anda?

komentar