Bintan Penyelenggara Tunggal Ironman di Indonesia

1539
Pesona Indonesia
Peserta mencapai garis finish pada event Ironman tahun lalu. foto:fatih/batampos
Peserta mencapai garis finish pada event tahun lalu. foto:fatih/batampos

batampos.co.id – Ajang triathlon bertajuk Ironman 70.3 yang pernah digelar di Bintan tahun lalu, sudah dipastikan bakal kembali digelar akhir Agustus mendatang. Tidak sekadar kembali dilaksanakan. Kepastian ini juga dibarengi kabar gembira. Sebagai kompetisi triathlon kelas dunia, Kabupaten Bintan secara resmi telah diumumkan sebagai satu-satunya penyelenggara Ironman 70.3 di Indonesia.

“Berkaca pada kesuksesan tahun ini, membuat penyelenggara tidak ragu,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bintan, Luki Zaiman Prawira, kemarin.

Kepastian ini, sambung Luki, juga tidak terlepas dari dukungan Kementerian Pariwisata. Sebagai penguatan jenama kepariwisataan Indonesia, Kemenpar RI turut melekatkan slogan Wonderful Indonesia.

“Itu memang sebagai penguatan brand pariwisata Indonesia. Makanya ada logo itu. Di 80 negara lain, Ironman juga di-branding oleh negaranya,” terang Luki.

Sebelumnya, perwakilan MetaSport selaku penyelenggara, Nathalie Marquet mengaku, timnya sudah lagi tak pernah menyimpan keraguan bila menyelenggarakan kegiatan di Bintan. “Apalagi MetaSport dan Pemerintah Kabupaten Bintan sudah bekerjasama sejak beberapa tahun lalu,” kata Nathalie, melalui pesan elektronik.

Sebab itu, tahun ini, Nathalie memastikan Ironman Bintan 70.3 tetap akan kembali dilaksanakan. Apalagi mengingat rute baru di seputar kawasan wisata Lagoi Bay juga menjadi jaminan penyelenggaraan bakal lebih berkesan. Kesiapan fasilitas hingga saat ini masih terus digesa. Termasuk juga perampungan beberapa hunian berkelas yang masih dalam tahap pengerjaan.

“Penambahan dan pengembangan infrastruktur akan kian menambah minat peserta dari seluruh dunia. Saya yakin itu,” kata Nathalie.

Kepuasan penyelenggaraan Ironman Bintan 70.3 tidak hanya datang dari penyelenggara saja. Sebelumnya ditemui usai gelaran, atlet dunia sekelas Gina Crawford juga mengatakan, penyelenggaran ajang triathlon di Bintan memang termasuk salah satu yang dinantikan.

“Saya selalu antusias dengan triathlon di Bintan. Apalagi tahun ini Ironman 70.3 juga sudah ada di Bintan,” kata triathlete wanita tercepat pada Ironman Bintan 70.3 2015 ini.

Selain profesionalisme para penyelenggaranya, Gina menambahkan, panorama alam Bintan yang menjadikan dirinya selalu terkesan bisa mengikuti setiap kegiatan triathlon di Bintan.

“Ini bukan kali pertama saya datang ke Bintan. Saya sudah jatuh cinta dengan tempat ini. Kalau tidak cedera dan tahun depan ada Ironman 70.3 lagi, saya pasti ikut,” tutur triathlete berkebangsaan Selandia Baru ini. (muf/bpos)

Respon Anda?

komentar