Objek Wisata Religi di Kota Tanjungpinang Bertambah

1971
Pesona Indonesia
Wisatawan asing saat mengunjungi Tanjungpinang. foto: yusnadi/batampos
Wisatawan asing saat mengunjungi Tanjungpinang. foto: yusnadi/batampos

batampos.co.id – Pagoda dengan tinggi 38 meter akan dibangun di komplek Vihara Avalokitesvara Graha di Batu 14 Tanjungpinang. Dengan begitu, akan bertambah satu lagi objek wisata religi yang ada di Kota Gurindam.

Pagoda dengan 9 lantai itu akan dibangun di lahan seluas 5.300 meter persegi.

“Pagoda ini bisa menampung 2000 umat Budha dalam melakukan sembahyang,”ujar Ketua Yayasan Maitri Paramita Hengky Suryawan, dalam acara peletakkan batu pertama pembangunan Pagoda, Jumat (24/6).

Pagoda ini, kata Hengky merupakan satu kesatuan dengan komplek Vihara Avalokitesvara Graha di Batu 14 Tanjungpinang, yang memiliki luas lahan keseluruhannya mencapi 10,5 hektar. Vihara ini sudah berdiri 14 tahun, dimana pembangunannnya dimulai sejak tahun 2002 lalu.

Hengky melanjutkan, pembangunan Pagoda diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 30 M, yang pengerjaannya akan dilakukan secara bertahap. “Kurang lebih lima tahun ke depan,” ujarnya.

Ketua WALUBI Provinsi Kepri ini juga mengatakan, selain sebagai tempat ibadah Pagoda tersebut juga diperuntukkan menjadi objek wisata religi. Dia berharap, dengan adanya Pagoda tersebut dapat berdampak baik bagi peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Tanjungpinang.

Ia juga menambahkan, kedepannya pihaknya juga akan mengisi kawasan vihara dengan 1000 patung Budha. Sehingga vihara dan Pagoda akan lebih diminati.

Wali Kota Tanjungpinang, Lis Datmansyah memberikan apresiasi atas pembangunan Pagoda tersebut. Dengan begitu, jumlah objek wisata religi akan bertambah di Kota Tanjungpinang.

“Jika pembangunan Pagoda ini tuntas, saya yakin bisa menjadi nilai tambah bagi wisatawan,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pemko Tanjungpinang tidak hanya berupaya mengembangkan objek wisata wisata religi. Tapi juga wisata kuliner dan budaya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar