Menjelang Lebaran, TKI Ilegal Dipulangkan ke Kampung

860
Pesona Indonesia
TKI bermasalah yang dipulangkan beberapa waktu lalu. foto:yusnadi/batampos
ilustrasi. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Sebanyak 6 calon TKI ilegal yang diamankan Polresta Barelang direncanakan anak dipulangkan ke kampung halamannya Cianjur dan Sukabumi. Pemulangan calon TKI ini akan melibatkan Perlindungan Perempuan dan Anak dari Pusat Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Jawa Barat.

“Mereka akan dijemput dalam waktu dekat oleh P2TP2A Jawa Barat. Sebelum lebaran semoga mereka sudah bersama keluarga masing-masing,” ujar Dedi, dari organisasi Gerakan Anti Trifficking (GAT), kemarin.

Dia menjelaskan selama menjalani pemeriksaan di Polresta Barelang, calon TKI ini akan dititipkan dan diamankan di kawasan Batamcentre. Mereka akan menetap di lokasi tersebut hingga proses pemulangan.

“Lokasinya tidak bisa dibeberkan karena demi keamanan mereka,” tuturnya.

Dari pengakuan calon TKI ilegal tersebut mereka terpaksa berangkat dari kampung halamannya karena terlilit hutang dengan penyalur di Jawa Barat tersebut. Masing-masing telah meminjam uang sebesar Rp 2 juta.

“Mereka bikin paspor hingga tiket keberangkatan,” terangnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Memo Ardian mengatakan masih melakukan penyelidikan terhadap penyalur tenaga kerja tersebut. Hingga saat ini pihaknya mengamankan dua orang pria berinisial A dan T.

“Orang ini (A dan T) mau mengantar TKI ini ke pelabuhan. TKi ini hanya mengantongi paspor pelancong,” tutupnya. (opi)

Respon Anda?

komentar