Penalti Xhaka Gagal, Polandia Melaju ke Perempat Final EURO 2016

828
Pesona Indonesia
Pemain swiss kecew berat usai dikalahkan Polandia lewat adu penalti. Foto: uefap
Pemain swiss kecew berat usai dikalahkan Polandia lewat adu penalti. Foto: uefap

Batampos.co.id – Harapan Swiss melaju ke babak delapan besar atau perempat final Euro 2016, gagal. Kegagalan eksekusi penalti Granit Xhaka di drama adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1, memuluskan langkah Polandia ke delapan besar.

Polandia pun menjadi timnas pertama yang memenangi laga 16-besar Euro 2016 lewat drama adu penalti

Yap, menghadapi Swiss di Stade Geoffroy-Guichard, Sabtu (25/6/2016), Polandia menang lewat adu tendangan penalti 5-4 setelah bermain imbang 1-1 pada 90 menit plus 2 kali perpanjang waktu.

Xhaka memang qjadi satu-satunya pemain yang gagal mengeksekusi penalti pada adu penalti di laga ini.

Hasil tersebut membuat Polandia menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final.

Pada babak pertama kedua tim langsung bermain terbuka. Baru berjalan beberapa detik, Arkadiusz Milik nyaris membuat gol untuk Polandia.

Diawali blunder lini belakang Swiss, sang pemain nyaris menyocor bola muntah hasil back-pass bek Swiss. Beruntung, Yann Sommer mampu lebih cepat menyapu bola.

Swiss beberapa kali memanfaatkan sisi sayap sebagai penyerangan mereka. Xherdan Shaqiri cukup menonjol dalam menusuk sisi kiri pertahanan Polandia.

Beberapa kali bergantian menyerang, Polandia akhirnya mampu mencetak gol melalui serangan balik cepat.

Akselerasi luar biasa Kamil Grosicki yang mengelabui tiga pemain Swiss, diakhiri dengan umpan manis ke Jakub Blaszczykowski yang kosong.

Sang pemain pun dengan mudah menaklukkan Sommer pada menit ke-39 dan membuat babak pertama berakhir 1-0.

Pada babak kedua, Swiss mencoba lebih gencar dalam serangan. Shaqiri sempat membuat peluang, tapi tembakannya masih bisa ditahan Lukasz Fabianski.

Permainan keras juga mulai diperlihatkan Swiss. Fabian Schar dipastikan tak bisa bermain pada laga selanjutnya setelah melakukan tekel keras kepada Robert Lewandowski yang berbuah kartu kuning kedua pada turnamen ini.

Permainan keras terbukti setelah terjadi 11 pelanggaran kala laga berjalan 65 menit.

Pada 20 menit terakhir pertandingan, Swiss lebih terlihat agresif, sementara Polandia menyadari itu dan memilih menurunkan tempo dan mencoba memanfaatkan ruang lewat serangan balik.

Pada menit ke-73, Ricardo Rodriguez nyaris menyamakan kedudukan. Sayang, tembakan bebas melengkungnya masih bisa ditepis oleh Fabianski.

Peluang emas kembali didapatkan Swiss. Tembakan Haris Seferovic pada menit ke-78 mengenai mistar gawang. Mereka pun semakin gencar melakukan serangan.

Pada menit ke-82, usaha Swiss akhirnya berbuah hasil. Adalah Shaqiri yang mampu membuat gol super indah lewat salto sedikit di luar kotak penalti yang sangat akurat. Swiss pun menyamakan kedudukan 1-1.

Mencoba menyelesaikan laga dalam 90 menit, tak ada gol tambahan yang tersisa sehingga laga dilanjutkan melalui babak tambahan.

Menarik ketika tahu Swiss menguasai jalannya laga pada babak tambahan dan terlihat lebih percaya diri ketimbang Polandia.

Lewandowski dkk terlihat kesulitan untuk melakukan serangan dan terfokus pada lini bertahan. Tak ada gol tambahan pada dua babak perpanjangan waktu dan laga dilanjutkan lewat adu tendangan penalti.

Pada adu tendangan penalti, hanya satu tendangan penalti yang gagal dan sayangnya itu dilakukan oleh gelandang andalan Swiss, Granit Xhaka.

Tembakan sang pemain jauh menyamping dari gawang Fabianski. Polandia pun dipastikan lolos ke perempat final dengan kemenangan penalti 5-4.

Susunan Pemain

Swiss (4-3-3): Sommer; Lichtsteiner, Schär, Djourou, Rodriguez; Behrami (Fernandes 76′), Dzemaili (Embolo 58′), Xhaka; Shaqiri, Seferovic, Mehmedi (Derdiyok 69′)

Polandia (4-4-1-1): Fabianski; Piszczek, Glik, Pazdan, Jedrzejczyk; Blaszczykowski, Krychowiak, Maczynski (Jodlowiec 101′), Grosicki (Peszko 104′); Milik; Lewandowski (rap/JPG)

Respon Anda?

komentar