Tumbangkan Kroasia, Portugal Hadapi Polandia di Perempat Final EURO 2016

1059
Pesona Indonesia
Pemain Portugal merayakan kemenangan mereka atas Kroasia pada laga 16 besar, Minggu (16/6/2016).Foto UEFA
Pemain Portugal merayakan kemenangan mereka atas Kroasia pada laga 16 besar, Minggu (16/6/2016).Foto UEFA

Batampos.co.id – Laga 16 besar Euro 2016 yang mempertemukan Portugal dengan Kroasia berakhir dramatis. Portugal melaju ke babak empat besar setelah menang tipis 1-0 di babak perpanjangan waktu kedua. Di perempat final, Cristiano Ronaldo cs telah dinanti Polandia.

Gol tunggal Portugal di etak Ricardo Quaresma pada menit ke-117.

Ya, Portugal dan Kroasia memang harus melanjutkan laga hingga babak perpanjangan waktu setelah dalam 2 x 45 bermain imbang tanpa gol dan tanpa tembakan on target.

Babak pertama perpanjangan waktu pun situasi masih sama. Meski Kroasia memiliki sejumlah peluang, tapi tak menemui sasaran. Portugal juga hanya sesekali melakukan serangan balik.

Pada babak kedua perpanjangan waktu, pertandingan jauh lebih menarik. Kroasia mampu membuat Portugal kewalahan. berkali-kali gawang Rui Patricio mendapat ancaman dari open play maupun sepak pojok.

Akan tetapi, keberuntungan ternyata berpihak kepada Selecao das Quinas – julukan Portugal. Tiga menit sebelum babak perpanjangan waktu berakhir dan berarti harus dilakukan adu penalti, Quaresma mampu menjebol gawang Danijel Subasic. Ini menegaskan bahwa Portugal enggan untuk melakukan adu penalti.

Gol Portugal bermula dari skema serangan balik. Sebelumnya gawang Portugal mendapat ancaman dari Kroasia. Sebuah sundulan dari Ivan Perisic hanya menemui mistar gawang. Sejurus kemudian, Portugal melakukan counter attack dan diawali dengan Renato Sanches menggiring bola.

Dia kemudian memberikan bola kepada Nani di sisi kanan pertahanan Kroasia. Nani melihat Ronaldo bergerak di sisi kiri pertahanan Kroasia dan langsung memberikan umpan datar. Tembakan Ronaldo masuk ditepis Subasic. Tapi, bola rebound langsung disambar Quaresma lewat sundulan dan Portugal unggul 1-0.

Gol tersebut tak lepas dari lengahnya pertahanan Kroasia yang ikut asyik membantu serangan sehingga Quaresma tak mendapat penjagaan. Bagi Ronaldo, itu menjasi satu-satunya tembakan yang dia lalukan dan masih bisa digagalkan oleh kiper Kroasia. Tapi, Dewi Fortuna menaungi Portugal karena bola rebound mampu dimanfaatkan oleh Quaresma.

Portugal menang dengan skor 1-0 dan berhadapan dengan Polandia di babak perempat final. (epr/JPNN) 

Susunan Pemain
Kroasia (4-2-3-1):
Subasic, Strinic, perisic, Corluka (Kramaric 120), Rakitic (Pjaca 110), Modric, Srna, Brozovic, Mandzukic (Kalinic 88), Badelj, Vida

Pelatih: Ante Cacic

Portugal (4-4-2): Rui Patricio, Cedric, Pepe, Fonte, Guerreiro, Joao Mario (Quaresma 87), Adrien Silva (Danilo 108), William Carvalho, Andre Gomes (Renato Sanches 50), Nani, Ronaldo

Pelatih: Fernando Santos

Skor: 0-1
Pencetak gol: Quaresma 117

Wasit: Carlos Velasco Carballo (Spanyol)

Respon Anda?

komentar