ASDP Siap Antar Penumpang Mudik Lebaran Tujuan Buton

1393
Pesona Indonesia
Kapal KMP Senangin yang melayani pelayaran dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjung Buton. foto:tri haryono/batampos
Kapal KMP Senangin yang melayani pelayaran dari Tanjungbalai Karimun ke Tanjung Buton. foto:tri haryono/batampos

batampos.co.id – Pihak Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Tanjungbalai Karimun, telah mempersiapkan dua kapal Kapal Motor Penyeberangan (KMP) melalui jalur Roll on-roll off (Roro) di Pelabuhan Parit Rampak, Kecamatan Meral. Kedua kapal tersebut yaitu KMP Senangin dan KMP Lome, yang siap memberangkatkan calon penumpang dari Karimun menuju Buton, Pekanbaru.

”Kita pastikan kedua transportasi laut tujuan Buton, siap mengangkut calon penumpang yang akan mudik lebaran ke Riau Daratan. Baik itu orang maupun mobil pribadi dan truk, begitu penuh langsung kita berangkatkan dan kembali lagi,” jelas staff ASDP cabang Tanjungbalai Karimun, Herbet, kemarin (26/6) di Tanjungbalai Karimun.

Ia memprediksi pada H-5 arus puncak mudik tujuan Buton. Namun, sebelumnya terjadi penumpukan di Pelabuhan Parit Rampak kendaraan truk maupun pribadi yang akan berangkat ke Buton. Hal tersebut dikarenakan ada kerusakan KMP Senangin, yang membutuhkan beberapa jam untuk diperbaiki. Sehingga, jadwal pukul 20.00 WIB menjadi pukul 04.00 WIB Sabtu (25/6) dini hari baru di berangkatkan.

”Benar, tapi kemarin sudah kembali normal semua terangkut untuk tujuan Buton. Sedangkan, tujuan Batam maupun Tanjungpinang masih sepi dari Karimun,” ungkapnya.

Sementara itu Dirut BUP Karimun, Indrawan Susanto saat di konfirmasi mengatakan, bahwa pihaknya membuat posko di tiga tempat yaitu di Pelabuhan Parit Rampak, Pelabuhan Selat Belia dan Pelabuhan rakyat Sri Tanjung Gelam. Sedangkan, fasilitas yang ada di Pelabuhan Parit Rampak sendiri sudah ditambah. Seperti memperluas area parkir, kemudian fasilitas umum kamar kecil maupun kantin telah dibuka 24 jam.

”Insyallah, calon penumpang tujuan Buton akan terangkut semua. Tapi, yang dari Batam calon penumpang harus turun di Pelabuhan Parit Rampak. Dan mereka harus antri untuk berangkat ke Buton, artinya calon penumpang dari Batam sudah membuat pernyataan sebelum berangkat,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang INSA Karimun Bustami Datuk Raja Marah memastikan untuk harga tiket kapal ke berbagai tujuan tidak ada kenaikan. Saat arus mudik lebaran nanti, maupun sebaliknya usai lebaran.

”Kita prediksi tidak ada lonjakan nanti. Sebab, liburan anak sekolah sudah duluan. Yang akan membludak, pada H+2 lebaran biasanya mereka ke Batam,” ucapnya.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar