Dishub Pastikan Transportasi Mudik Aman, Zulhendri: ‘Kita Usahakan Zero Accident’

304
Pesona Indonesia
Angkutan umum yang ngetem di Simpang Panbil, Mukakuning membuat jalan jadi macet. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Angkutan umum di Simpang Panbil
Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Dinas Perhubungan Kota Batam menjamin persiapan transportasi mudik di Batam aman. Tak hanya transportasi mudik, Dishub juga menjamin transportasi angkutan umum selama lebaran.

“Untuk transportasi mudik dan lebaran sudah aman,” ujar
Kepala Dishub Kota Batam, Zulhendri kepada Batampos, kemarin.

Dikatakannya, setiap tahun pihaknya yang tergabung dalam tim terpadu transportasi mudik dan lebaran selalu mengecek kesiapan semua angkutan laut hingga udara. Bahkan, kesiapan itu sudah dilakukan oleh pengelola transportasi untuk menyambut lebaran karena jumlah penumpang yang meningkat.

“Kita sudah mengevaluasi. Mereka juga sudah berpengalaman dan kita sudah berkoordinasi untuk persiapan mereka,” terang Zulhendri.

Menurut dia, lonjakan penumpang diperkirakan mulai terjadi pada H-7 jelang lebaran, sedangkan lonjakan penumpang untuk arus balik pada H+7 lebaran. Persiapan menyambut arus mudik tak hanya dari transportasi, namun juga ruang tunggu keberangkatan dan kepulangan. Bahkan pihak pelabuhan dan bandara juga pelu memperhatikan kebersihan toilet dan sirkulasi.

“Lonjakan terbesar H-3 sampai H-1, untukĀ  mengatasi lonjakan pelabuhan Domestik hingga Bandara sudah mempersiapkannya. ,” harap Zulhendri.

Tak hanya itu, lanjut Hendri, di Batam sendiri pihaknya juga telah mendirikan pos-pos angkutan yang bekerjasama dengan polri. Dimana, tugas Dishub adalah memantau kondisi dan keadaan angkutan, sementara polisi untuk keamanan.

“Pengamanan kita hanya angkutannya dan terminal, kalau keamanan lebih ke polisi. Kita juga berharap lebaran ini “Zero accident”,” pungkas Zulhendri. (she)

Respon Anda?

komentar