Kalahkan Cina, Kereta Api Buatan Indonesia Melaju di Bangladesh

1061
Pesona Indonesia
Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian  Sonar Bangla Express, kereta api buatan Indonesia yang menghubungkan Dhaka-Chittagong, Sabtu (25/6/2016). Foto: BBS
Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express, kereta api buatan Indonesia yang menghubungkan Dhaka-Chittagong, Sabtu (25/6/2016). Foto: BBS

batampos.co.id – Indonesia sebenarnya punya kemampuan memproduksi kereta api. Bahkan tak menutup kemungkinan kereta api cepat. Meskipun pemerintah lebih memilih produk Cina dan perusahaan asal Cina untuk mengerjakan proyek-proyek kereta api di Indonesia.

Namun anakbangsa yang punya kemampuan itu tak perlu patah arang. Masih banyak negara-negara lain yang membutuhkan kereta api hasil karya anak bangsa.

Buktinya, kereta api buatan PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) telah beroperasi di jalur Bangladesh. Bangladesh menjadi salah satu negara yang menjadi pelanggan Inka.

Senior Manager Humas PT Inka, M Colik‎ menjelaskan, Inka mendapatkan kontrak memasok kebutuhan kereta di Bagladesh pada 2015.

“Sejak saat itu Inka langsung melakukan produksi dengan target penyelesaian pada akhir 2016. Dalam proses tender, Inka berhasil mengalahkan beberapa perusahaan kereta ternama dari Cina,” ujar Colik dalam siaran persnya Minggu (26/6/2016).

Adapun, jumlah gerbong yang dipesan Bangladesh yakni sebanyak 150 kereta penumpang, yang terbagi dalam dua jenis. Yaitu 100‎ unit Meter Guage/MG dan 50 unit Broad Guage/BG.

‎Di Bangladesh, kereta buatan Inka ini dinamakan Sonar Bangla Express, yang menempuh rute Kota Dhaka ke Citagong. Peresmian kereta sudah dilakukan Sabtu (25/6/2016)‎ oleh Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina Wajed. (chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar