Mantap! Gaji 13 dan THR PNS Cair Hari Ini

1127
Pesona Indonesia
Ilustrasi THR
Ilustrasi THR

batampos.co.id – Pencairan gaji ke-13 dan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pegawai negeri sipil (PNS) di Batam akan diserahkan mulai minggu ini. Gaji 13 dan THR ini diatur dalam dua Peraturan Pemerintah (PP) yang disahkan langsung Presiden Joko Widodo.

“Insaallah (Gaji 13 dan THR-red) mulai Senin (27/6) sudah dicairkan,” kata Humas Pemko Batam Ardi Winata, kemarin.

Menurutnya, pembayaran gaji 13 diatur dalam PP Nomor 19 Tahun 2016. PP ini menyebutkan, gaji ke-13 belas diberikan sebesar penghasilan di bulan Juni. Termasuk juga komponen tunjangan jabatan, tunjangan umum (bagi staf), serta tunjangan keluarga.

Sedangkan untuk pemberian THR diatur dalam PP Nomor 20 Tahun 2016. Berbeda dengan gaji 13, pemberian THR diberikan sebesar gaji pokok Juni 2016. Gaji pokok tidak dikenakan potongan iuran atau potongan lain berdasarkan peraturan perundang-undangan.

“Pencairan gaji 13 dan THR ini akan diberikan sekaligus,” sebut Ardi.

Selain PNS, Pemberian pensiun pokok, tunjangan keluarga, atau tunjangan tambahan penghasilan sebagaimana dimaksud dibayarkan pada bulan Juli. Begitupun dengan Pimpinan dan Pegawai Non PNS pada Lembaga Non Struktural dibayarkan selambatnya bulan Juli.

Ardi menambahkan, anggaran gaji ke-13 dan THR ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) 2016. Jumlahnya tak tanggung-tanggung yakni Rp 48 miliar. Sama halnya dengan gaji, pencairan gaji 13 dan THR akan dikirim langsung ke masing-masing rekening. (rng)

Respon Anda?

komentar