Pelabuhan Domestik Siap Hantarkan 12 Ribu Pemudik

460
Pesona Indonesia
Ferry saat sandar di Pelabuhan Telagapunggur. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
 Pelabuhan Telagapunggur. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Syahbandar Sekupang menyiapkan sekitar 44 armada. Sebanyak 28 feri dan 26 speedboat siap melayani penumpang yang hendak mudik lebaran.

Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk melakukan pengecekan terhadap kondisi kapal secara keseluruhan, hingga ketersediaan left jacket (pelampung) berdasarkan jumlah penumpang kapal.

Kepala Syahbandar Sekupang, Komarrudin mengatakan menjelang arus mudik, pihaknya terus berkoordinasi dengan operator kapal, kapten kapal hingga syahbandar tempat tujuan.

“Apalagi cuaca sedang kurang baik, sering hujan dan disertai angin, tapi sejauh ini kita masih dalam kategori aman,” kata dia.

Diperkirakan sekitar 12 ribu lebih penumpang akan mudik melalui Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) dengan berbagai tujuan seperti Tanjungbalai, Selatpanjang, Dumai, Bengkalis hingga Tanjungtungkal, Jambi

Untuk mengantisipasi menumpuknya penumpang kapal yang akan berangkat, Komarrudin menghimbau kepada seluruh operator kapal untuk menjual tiket sesuai dengan jadwal.

“Berangkat jam 10.00 WIB, di tiket ditulis jam 07.00 WIB harus sudah di pelabuhan, nah ini yang membuat terjadinya penumpukan penumpang seperti tahun lalu,” terangnya.

Pihaknya telah menyurati pihak operator untuk menyesuaikan jadwal keberangkatan pada tiket penumpang. “Biar tidak menumpuk, satu kapal belum berangkat, penumpang tujuan lain sudah datang, kita punya ruangan tunggu kan terbatas,” imbuhnya.(cr17)

Respon Anda?

komentar