Sempat Tertinggal, Dua Gol Griezmann Bawa Prancis ke Perempat Final

740
Pesona Indonesia
Tuan rumah Prancis berhasil lolos ke perempat final Euro 2016 setelah mengalahkan Rep. Irlandia 2-1. (foto: getty)
Tuan rumah Prancis berhasil lolos ke perempat final Euro 2016 setelah mengalahkan Rep. Irlandia 2-1. (foto: getty)

batampos.co.id – Dua gol dari Antoine Griezmann akhirnya membawa tuan rumah Prancis lolos ke perempat final Piala Eropa 2016 setelah mengandaskan perlawanan Irlandia dengan skor 2-1.

Dalam laga babak 16 besar yang digelar di Stadion Parc Olympique Lyonnais, Minggu (26/6) malam WIB, Prancis sempat tertinggal lebih dulu di awal laga, namun kemudian berhasil membalikkan keadaan di babak kedua.

Pelatih Prancis Didier Deschamps langsung menurunkan skuad terbaiknya sejak awal laga. Paul Pogba memimpin di lini tengah. Bersama Dimitri Payet dan Griezmann, Pogba mendukung striker tunggal Olivier Giroud.

Sementara itu, Irlandia berani tampil terbuka meski tak diunggulkan. Pelatih Martin O’Neill menurunkan formasi menyerang 4-3-3.

Taktik O’Neill terbukti jitu. Pertandingan baru berjalan dua menit, Irlandia sudah mendapat hadiah penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Paul Pogba melanggar Shane Long di kotak terlarang. Penyerang Robbie Brady yang dipercaya menjadi algojo dengan dingin memperdaya kiper Hugo Lloris.

Gol cepat tersebut membuat Irlandia makin percaya diri. Daryl Murphy nyaris menggandakan keunggulan Irlandia pada menit 20. Untungnya kali ini Lloris bisa menggagalkannya.

Tertinggal, Prancis berusaha secepatnya membalas. Pogba nyaris menyamakan skor di menit 23. Sial bagi Prancis, peluang yang didapat Pogba lewat tendangan bebas dengan baik ditepis oleh kiper Irlandia Darren Randolph.

Disiplinnya pertahanan Irlandia yang digalang oleh Richard Keogh membuat Prancis kesulitan menciptakan peluang. Sesaat jelang berakhirnya babak pertama, Dimitri Payet nyaris menyamakan skor. Namun tembakannya di dalam kotak penalti bisa diblok pemain bertahan Irlandia. Skor kacamata bertahan sampai turun minum.

Di babak kedua, Prancis coba meningkatkan tempo permainan. Guna mempertajam daya dobrak tim, Deschamps memasukkan Kingsley Coman menggantikan Ngolo Kante. Kehadiran Coman membuat serangan Prancis semakin hidup.

Gol yang ditunggu-tunggu pendukung Prancis akhirnya tercipta di menit 58. Griezmann memecah kebuntuan lewat sundulan akurat memanfaatkan umpan silang dari Bacary Sagna.

Gol tersebut membuat Prancis semakin percaya diri. Hasilnya, empat menit kemudian Les Bleus bisa membalikkan keadaan. Berkat kerjasama dua pemain Arsenal, Koscielny dan Olivier Giroud, Griezmann kembali menyarangkan bola ke gawang Irlandia.

Sudah jatuh tertimpa tangga, pada menit 66 Irlandia harus bermain dengan 10 pemain setelah bek Shane Duffy diganjar kartu merah langsung akibat menekel Griezmann yang berpeluang mencetak gol.

Unggul jumlah pemain, Prancis makin leluasa menciptakan peluang demi peluang. Pemain pengganti Pierre Andre Gignac punya dua peluang emas. Namun tidak ada yang membuahkan gol. Sepakan Gignac salah satunya membentur mistar gawang.

Griezmann nyaris mencetak hat-trick. Di menit akhir tembakan kaki kiri pemain Atletico Madrid itu dengan gemilang digagalkan oleh Randolph. Skor 2-1 bertahan hingga akhir laga. (sbb/sam)

Respon Anda?

komentar