BMKG: Potensi Hujan hingga Hari Raya

824
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Dhira Utama memperkirakan Tanjungpinang akan terus diselimuti awan mendung dan hujan dengan intensitas cukup tinggi hingga Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

“Berdasarkan perhitungan BMKG, hujan akan terjadi dari Juni sampai dengan awal Juli tahun 2016,” ujarnya, Senin (27/6).

Dimana pagi hari, kondisi alam cenderung berawan. Sementara siang hingga malam hari berpotensi turun hujan.

Dhira melanjutkan, tinggi gelombang laut di sekitar perairan Tanjungpinang-Batam berada di kisaran 0,2-0,8 meter, Karimun 0,2-0,6 meter. Sedangkan tinggi gelombang laut di Anambas dan Natuna sekitaran 0,8-1,5 meter.

“Tinggi gelombang laut di perairan Kepri secara umum masih relatif rendah, dengan kondisi cuaca masih normal. Dan masih aman untuk dilalui transportasi laut,” ujarnya.

Dhira juga mengatakan saat ini Kepri memasuki musim pancaroba, peralihan ke musim kemarau yang bertepatan dengan arus mudik. Kondisi ini menyebabkan cuaca sewaktu-waktu dapat berubah, dengan potensi hujan disertai angin kencang.

Karena itu, Dhira mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada khusunya bagi para pemudik menjelang arus mudik Lebaran.

“Arah angin yang bertiup dari Tenggara ke Barat Daya cukup kencang juga bisa memicu terjadinya gelombang tinggi. Kami himbau, jika cuaca buruk lebih menunda keberangkatan,” ujarnya.

Untuk membantu kelancaran arus mudik, pihak BMKG Tanjungpinang intens melaporkan prakiraan cuaca ke Posko Lebaran. Terutama posko yang terletak di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang dan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

“Ini dilakukan untuk memberi informasi cuaca terkini. Seperti kecepatan angin. Itu sangat perlu karena kondisi alam yang cepat berubah,” paparnya.

Dengan begitu, apabila nantinya cuaca buruk tiba-tiba datang, pihaknya akan langsung mengabarkan kepada petugas Posko Lebaran. “Serta kami akan memberi peringatan kepada pihak KSOP dan Bandara, supaya bisa segera mengantisipasi cuaca buruk,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar