Gol-Gol Cantik Italia ke Gawang Spanyol di Final Kepagian Euro 2016

897
Pesona Indonesia

batampos.co.id – Italia vs Spanyol di babak 16 Besar Euro 2016 disebut final kepagian. Di tahun-tahun sebelumnya, kedua raksasa sepakbola dunia benar-benar bertemu di final.

Namun sebelum laga dihelat di Stade de France, Paris, Senin (27/6/2016), Spanyol memang diyakini bisa menumbangkan Italia dengan skor meyakinkan.

Para pengamat maupun penggemar sepakbola bersandar pada hasil final Euro 2014 yang mempertemukan Italia kontra Spanyol. Kala itu, Spanyol menggilas Italia dengan skor telah 4-0.

Namun kali ini La Furia Roja gagal mengulangi kesuksesan mereka 4 tahun silam. Malah Italia yang sukses membalaskan dendamnya dengan menekuk Spanyol 2 gol tanpa balas.

Ini merupakan kemenangan pertama Italia atas Spanyol di pertandingan kompetitif selama 22 tahun terakhir.

Dengan hasil ini, Italia melaju ke perempat final dan akan berhadapan dengan tim juara dunia, Jerman.

Dua gol Italia masing-masing dicetak oleh Giorgio Chiellini (menit ke-33) dan Graziano Pelle (90’+1).

Sejak awal laga, tim asuhan Antonio Conte tampil lebih efektif ketimbang Spanyol. Italia bisa saja unggul lebih dari satu gol jika kiper Spanyol, David de Gea, tidak bermain cemerlang.

Italia mendapat peluang pertama pada menit ke-8. Memanfaatkan tendangan bebas Alessandrio Florenzi, Graziano Pelle dengan cekatan menyambutnya dengan sundulan. Namun De Gea masih mampu mementahkan sundulan pemain Southampton tersebut.

Serangan bertubi-tubi Italia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-33, lewat gol yang dicetak Chiellini. Berawal dari tendangan bebas keras Eder yang berhasil ditepis De Gea, bola muntah kemudian disambar Giaccherini ke arah Chiellini. Bek Juventus itu pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang Spanyol.

Usai turun minum, Italia masih bermain apik dan disiplin menjaga pertahanan mereka. Spanyol beberapa kali tampak kerepotan dalam membendung serangan yang dilancarkan Giaccherini dkk.

Di menit ke-55, Italia lagi-lagi nyaris membobol gawang Italia melalui Eder. Penyerang 29 tahun itu melepaskan tendangan usai menerima umpan pendek dari Pelle. Beruntung bagi Spanyol, De Gea masih berhasil mementahkannya.

Menjelang peluit panjang, Spanyol harus kembali kebobolan. Kali ini, gawang De Gea dibobol oleh Pelle lewat tendangan voli setelah menerima umpan dari Giaccherini.

Italia akan berhadapan dengan Jerman di babak perempat final di Stade de Bordeaux, Sabtu (2/7/2016) depan. (bbs/sam)

Respon Anda?

komentar