Habis Lebaran, Kepri Bakal Punya 4 Kampung KB

471
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kepri resmi membentuk empat Kampung KB di empat kabupaten/kota di Kepri. Yakni, di Kabupaten Bintan, Lingga, Kota Batam, dan Tanjungpinang.

“Untuk tiga kabupaten lainnya – Karimun, Anambas, dan Natuna, menyusul,” kata Kepala BKKBN Kepri, Sugiyono.

BKKBN Kepri menargetkan seluruh kabupaten/kota di Kepri akan memiliki satu kampung KB di tahun 2016 ini. Ketiga kampung tersebut, rencananya, akan diresmikan setelah Hari Raya Idul Fitri nanti. Lokasi Kampung KB di Kabupaten Karimun, Anambas, dan Natuna sudah ditentukan.

“Dengan demikian, tahun depan (2017, red), pembentukan kampung KB di 70 desa bisa kami laksanakan,” ujarnya.

Pembentukan Kampung KB di seluruh kota/kabupaten ini sesuai dengan instruksi Presiden Joko Widodo untuk kembali menggaungkan program kependudukan. Kampung KB ini dibentuk untuk mewujudkan nawa cita ke-8. Yakni, membangun Indonesia dari pinggiran dengan memberikan perhatian kepada daerah dan desa dalam kerangka NKRI.

Kampung KB ini, nantinya, tidak hanya akan mengurusi tentang KB. Tetapi juga kebutuhan-kebutuhan dasar warga di lokasi tersebut. Misalnya saja, akses jalan, kebutuhan air bersih, serta administrasi kependudukan seperti KTP dan Kartu Keluarga (KK).

“Diharapkan, Kampung KB ini akan menjadi tempat untuk komunikasi sosial tentang program-program pemberdayaan masyarakat, KB, dan kesehatan,” tuturnya. (ceu)

Respon Anda?

komentar