Lonjakan Arus Mudik Lingga Sudah Mulai, Tiket Feri ke Daik Habis Terjual hingga H-1

853
Pesona Indonesia
Kapal feri MV Arena yang melayani rute Daik-Tanjungpinang. foto:hasbi/batampos
Kapal feri MV Arena yang melayani rute Daik-Tanjungpinang. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Lonjakan arus mudik ke Lingga sudah mulai terjadi. Bahkan, tiket kapal feri regular dari Pelabuhan Tanjungpinang ke Daik Lingga hingga H -1 Idulfitri, telah habis terjual. Warga pun memminta pemerintah segera mengantisipasi membludaknya penumpang dan segera mengoperasikan kapal tambahan untuk memenuhi kebutuhan mudik.

Informasi yang dihimpun, dari Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang hingga H – 1, tiket tujuan Daik sudah habis terjual sejak, Sabtu (25/6) kemarin.

“Kami sudah tanyakan ke loket penjualan tiket dan agennya langsung di Tanjungpinang. Tiket feri ke Daik sudah habis sampai tanggal 5 Juli (H -1 Idulfitri red),” kata salah seorang warga Lingga di Tanjungpinang yang tidak kebagian tiket.

Membludaknya penumpang feri tujuan Daik diperkirakan karena feri tersebut menjadi satu-satunya feri yang melayani penumpang antar pulau. Banyak pula warga antar pulau yang kemudian mudik menggunakan angkutan tersebut. Sementara feri tujuan Singkep yang tidak menyinggahi pulau-pulau kecil, masih cukup stabil.

Para pemudik yang belum kebagian tiket berharap, pemerintah daerah melalui Dishubkominfo Lingga menyiapkan kapal tambahan untuk memenuhi kebutuhan arus mudik. Selain itu, warga yang belum kebagian tiket meminta pemerintah membuka pusat informasi mengenai kapal tambahan untuk pemesanan tiket.

Terkait membeludaknya penumpang, Kepala Bidang Perhubungan Laut dan Udara, Selamat mengatakan ia sudah mendapat informasi tersebut. Bahkan ia mengatakan penumpang arus mudik ke Lingga tahun ini mengalami lonjakan yang signifikan. Untuk mengatasi persoalan ini, pihaknya segera mengadakan rapat koordinasi (rakor) dengan sejumlah instansi.

Rakor tersebut, kata Selamat membahas mengenai penyedian pos pelayanan arus mudik di sejumlah titik vital, seperti Pelabuhan Jagoh, Tanjung Buton, Pancur, Rejai dan Senayang. Begitu juga membahas lonjakan penumpang arus mudik ke Daik Lingga. Terutama bagi calon penumpang yang belum dapat tiket.

Sebelum pihaknya menyiapkan kapal tambahan untuk memenuhi kebutuhan arus mudik, Selamat menghimbau kepada calon penumpang arus mudik lebaran untuk mendaftar segera ke agen agar pihaknya lebih mudah mengambil kebijakan menambah menambah armada.

“Kita himbau, agar calon penumpang yang belum dapat tiket agar segera mendaftar ke meja agen. Supaya kami dapat ambil kebijakan untuk armadanya nanti,” terang Selamat.

Selamat juga menekankan agar seluruh operator yang beroperasi di Lingga supaya memperhatikan keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang.

“Terkait kapal Lingga Permai yang sering rusak kita sudah sampaikan. Agar memperhatikan layanannya. Pihak operatornya juga sudah komitmen untuk memperhatikan, atau mengganti armadanya,” ujar Selamat.(mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar