Jangan Khawatir, Lingga Bebas Vaksin Palsu

579
Pesona Indonesia

054804_466430_vaksinbatampos.co.id – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, Ignatius Luti, memastikan tidak ada vaksin palsu yang beredar di Kabupaten Lingga. Meski semakin heboh di sejumlah daerah dan media massa, ia tegaskan Lingga bebas dari vaksin palsu tersebut.

Beberapa waktu lalu, beredarnya vaksin palsu di sejumlah daerah di Indonesia, membuat pemerintah memberikan perhatian serius terhadap hal ini. Begitu juga masyarakat yang merasa was-was jika peredaran vaksin hingga wilayah pesisir yang sulit di pantau pemerintah dan petugas keamanan.

Khusus di Kabupaten Lingga, dijelaskan Luti hal tersebut tidak pernah terjadi. Sebab, selama ini obat maupun vaksin yang digunakan bukan dari pihak swasta.

“Sejauh ini wilayah kita masih aman dari peredaran vaksin palsu. Masyarakat tidak perlu khawatir,” ungkap Luti, Selasa (28/6).

Untuk di Kabupaten Lingga, kata Luti, semua obat yang digunakan rumah sakit, puskesmas, maupun tempat praktek lainnya merupakan pengadaan dari pemerintah melalui Kementerian Kesehatan yang disalurkan ke provinsi dan kemudian baru ke Dinkes Kabupaten Lingga.

“Kalau di Lingga, pemerintah semua yang mengadakan, pemerintah dapatnya dari Biofarma langsung. Peredaran vaksin di Lingga ini resmi melalui Dinkes Provinsi, bukan dari swasta, yang palsu itu dari pihak swasta,” jelasnya.

Terkait permasalahan tersebut, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lingga agar tidak perlu khawatir dengan vaksin yang beredar di Lingga saat ini. Pasalnya, vaksin yang ada, benar-benar orisinil dan terjamin.

Luti menambahkan, untuk menjamin agar vaksin palsu tidak beredar di Lingga dan mengantisipasi hal ini terjadi, dinas kesehatan sendiri akan terus mengawasi produk-produk kesehatan yang beredar di Kabupaten Lingga. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar