Jumlah Penumpang Antarpulau Merangkak Naik, KSOP Siap Hadapi Lonjakan Jelang Lebaran

546
Pesona Indonesia
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. foto:yusnadi/batampos
Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Jumlah penumpang antar pulau yang berangkat dan datang melalui Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) Tanjungpinang mulai menunjukkan peningkatan. Peningkatan jumlah penumpang antar pulau bahkan telah terlihat sejak Jumat (24/6) atau H-12 jelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

“Memang yang mulai terlihat adat itu penumpang antar pulau,” ujar Kasi Lalu Lintas Angkutan Laut dan Usaha Kepelabuhanan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungpinang, Masbichin, di kantornya, Selasa (28/6).

Berdasarkan data KSOP, pada Jumat (24/6), jumlah penumpang sebanyak 2.276 orang. Meningkat dibandingkan hari-hari sebelumnya yang jumlah penumpang tidak mencapai 2.000 orang. Kemudian pada Sabtu (25/6), jumlah penumpang sebanyak 2.340. Sedangkan Minggu (26/6) sebanyak 2.014 orang, dan Senin (27/6) sebanyak 2.312 orang.

Calon penumpang antar pulau sempat tidak memperoleh tiket, dan terpaksa menunda keberangkatan. Tapi Masbichin mengatakan, pihaknya tidak bisa memaksakan kehendak untuk tetap berlayar dengan kapasitas muatan yang berlebih.

Sementara untuk jumlah penumpang Tanjungpinang-Batam, dikatakan Masbichin belum mengalami peningkatan yang berarti. “Masih terbilang stabil, hari ini naik besok turun jumlahnya,” ujarnya.

Dia memperkirakan, lonjakan penumpang baru akan terjadi pada H-4 atau H-3 lebaran. Masbichin mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan segala sesuatu, jika terjadi lonjakan penumpang menjelang Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Apabila dibutuhkan, akan dilakukan penambahan jumlah armada jika jumlah kapal yang ada saat ini tidak mampu menampung jumlah penumpang yang datang dan berangkat melalui Pelabuhan SBP Tanjungpinang. “Untuk penambahan armada, disesuaikan dengan pengajuan operator. Karena operator akan selalu mengevaluasi jumlah penumpang,” ujarnya.

Saat ini, ada sebanyak 68 armada kapal yang disiapkan di pelabuhan domestik. Dengan rincian 19 armada diperuntukkan bagi penumpang Tanjungpinang-Punggur, 30 armada bagi penumpang antar pulau, 2 kapal perintis, dan 2 kapal Roro (Roll on roll off).

Sementara untuk pelabuhan internasional, sebanyak 14 kapal telah disiapkan, yaitu 6 kapal bagi penumpang tujuan Malaysia, dan 8 kapal tujuan Singapura. “Saat ini belum ada penambahan kapal. Biasanya informasi penambahan kapal akan diberitahu pada H-7 atau H-5 lebaran,” ujarnya.

Demi kenyamanan dan keselamatan penumpang, Masbichin mengingatkan kepada calon penumpang untuk selalu membeli tiket kapal dan membawa barang seperlunya. “Ini untuk menjaga stabilitas kapal,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar